SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guling Depan dengan Menggunakan Metode PartWhole pada Siswa Kelas V SDN Butun 1 Kabupaten Blitar

Septa Deny Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan.Septa Deny.2012. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guling Depan dengan Menggunakan Metode PartWhole pada Siswa Kelas V SDN Butun 1 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I)Drs. Mu’arifin, M.Pd (II) Drs. Lokananta Teguh H.W., M.Kes

 

Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, guling depan, metode partwhole

Senam lantai guling depan adalah gerakan berguling ke arah depan melalaui bagian belakang badan (tengkuk), punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. Berdasarkan observasi awal pada kelas V SDN Butun I, diperoleh hasil bahwa penguasaan gerak, pemahaman materi dan sikap terhadap pembelajaran ternyata tidak optimal sehingga kurang efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran senam lantai guling depan siswa kelas V SDN Butun 1 yang masih mengalami kesulitan dengan menggunakan metode partwhole. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Butun 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes.

Dengan menggunakan metode partwhole terbukti mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan senam lantai guling depan setelah diberikan tindakan dari siklus I, dan siklus II hasilnya, efektivitas pembelajaran dari siklus I sebesar 54,94% dengan kategori kurang baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor efektivitas pembelajaran 83,96% yang tergolong dalam kategori baik.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode partwhole dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran guling depan siswa kelas V SDN Butun 1. Berdasarkan penelitian ini disarankan  menggunakan metode partwhole pada pembelajaran senam lantai guling depan agar memberi kemudahan dan menjadikan siswa menguasai gerakan, memahami materi, menjadi disiplin dan memiliki keberanian untuk melakukan gerakan guling depan dengan benar.