SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Lempar Cakram dengan Gaya Resiprokal untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rejoso

Agung Tri Wardoyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardoyo, Agung Tri. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Lempar Cakram dengan Gaya Resiprokal untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rejoso. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes. (II) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Lempar Cakram, Gaya Resiprokal.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan suatu proses pembelajaran melalui aktifitas jasmani yang dirancang dan disusun secara sistematik untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan ketrampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif dan serta kecerdasan emosi. Salah satu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui pendidikan jasmani pada sekolah menengah pertama yakni mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai  percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, masih terdapat berbagai macam kesulitan. Salah satunya adalah kesulitan pembelajaran yang dialami oleh siswa meliputi teknik pegangan dan teknik putaran dalam pembelajaran lempar cakram. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah adanya pengembangan model pembelajaran lempar cakram dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan penggunaan media pembelajaran yang lebih variatif yakni dengan gaya mengajar resiprokal. Rumusan masalah penelitian adalah belum adanya model pembelajaran lempar cakram dengan gaya mengajar resiprokal untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejoso.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan  model pembelajaran sehingga lebih menarik untuk pembelajaran lempar cakram dengan gaya resiprokal di SMP Negeri 2 Rejoso  yang tertuang dalam buku dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk mengetahui kelayakan dan kesesuaian model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan justifikasi ahli dan uji coba.

Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983). Langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) Mengembangkan bentuk produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Revisi produk awal (sesuai dari hasil evaluasi para ahli, (5) Uji coba Kelompok Kecil, (6) Revisi, (7) Uji coba kelompok besar/lapangan, dengan evaluasi proses pembelajaran, (8) Revisi produk akhir (sesuai dari hasil uji lapangan dan evaluasi proses pembelajaran), (9) Hasil akhir, produk pengembangan model pembelajaran lempar cakram dengan gaya resiprokal untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejoso. Pengumpulan data menggunakan angket untuk justifikator dan siswa. Justifikator untuk justifikasi produk adalah 1 ahli pembelajaran Penjasorkes, 2 Guru Penjasorkes. Subyek uji coba kelompok kecil adalah 12 siswa dan sebanyak 30 siswa untuk uji lapangan (kelompok besar).

Hasil justifikasi buku model pembelajaran yang dikembangkan diperoleh persentase rata-rata sebesar 95,08%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa buku model pembelajaran yang dikembangkan sudah sangat baik dan layak digunakan yang kemudian dapat dilakukan uji lapangan di SMPN 2 Rejoso. Selain hasil justifikasi, terdapat pula hasil uji lapangan. Uji lapangan terdapat dua tahap yakni uji lapangan kelompok kecil dan kelompok besar. Dalam uji coba kelompok besar dilakukan penilaian proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba dan evaluasi proses pembelajaran didapatkan hasil bahwa produk pengembangan model pembelajaran lempar cakram dengan gaya resiprokal efektif digunakan dalam pembelajaan  lempar cakram di kelas. Selain itu, produk pengembangan memiliki sajian yang menarik dan sesuai dengan teknik lempar cakram dan gaya mengajar resiprokal sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa.