SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN ALAT BANTU BAGI SISWA KELAS VI DI SDN KARANG DUREN 01 KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG

Aditya Riki Dwi Krisnawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Krisnawan, A.R.D. 2012. Pengembangan Pembelaajran Gerak Dasar Lempar Lembing Menggunakan Alat Bantu Bagi Siswa Kelas VI SDN Karang Duren 01 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd., (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata kunci: pengembangan, pembelajaran, alat bantu dan lempar lembing.

Atletik merupakan permainan dan olahraga yang termasuk dalam ruang lingkup pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Atletik khususnya lempar lembing jarang sekali diajarkan di sekolah-sekolah dasar, hal tersebut disebabkan karena faktor sarana dan prasarana serta keamanan menjadi kendala dalam pembelajaran atletik khususnya lempar lembing. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan guru hanya sekedar mengenalkan materi lempar lembing kepada siswa tanpa mempraktikkan di lapangan, hal itu dikarenakan faktor sarana dan prasarana yang tidak memadai. Faktor keamanan bagi siswa pun menjadi kendala untuk diberikan pembelajaran, oleh karena itu guru pendidikan jasmani di SDN Karang Duren 01 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang setuju untuk mengadakan penelitian tentang pengembangan pembelajaran lempar lembing dengan menggunakan alat bantu yang aman, menarik dan mudah untuk digunakan bagi siswa, khususnya siswa Sekolah Dasar kelas VI.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development).  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran gerak dasar lempar lembing dengan menggunakan alat bantu bagi siswa kelas VI SDN Karang Duren 01 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang agar dapat membantu guru pendidikan jasmani dalam menyampaikan materi lempar lembing dengan aman, menarik dan mudah dilakukan oleh siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran gerak dasar lempar lembing menggunakan alat bantu ini sangat menarik dan mudah digunakan bagi siswa kelas VI SDN Karang Duren 01. Dari uji kelompok kecil dengan subyek uji coba 10 siswa didapatkan hasil sebanyak 100% untuk kemudahan dan 100% untuk kemenarikan pembelajaran menggunakan alat bantu, sehingga dapat dilanjutkan ke uji lapangan (kelompok besar).  Dari uji lapangan (kelompok besar) dengan subyek uji coba 30 siswa didapatkan hasil sebanyak 100% untuk kemudahan dan 100% kemenarikan pembelajaran menggunakan alat bantu.

Saran, hasil pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan dan hasil penelitian dan pengembangan ini, diharapkan dapat diuji cobakan pada lingkup yang lebih luas.