SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan pedal keseimbangan untuk pembelajaran keseimbangan dinamis siswa kelas II Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang.

tomy ariyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Tomy Ariyanto. 2012. Pengembangan pedal keseimbangan untuk pembelajaran keseimbangan dinamis siswa kelas II Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Purnami, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

Kata Kunci: pedal keseimbangan, antropometri, keseimbangan.

Materi pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga yang diajarakan di Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang meliputi aktivitas permainan, kebugaran jasmani, senam, renang, budaya hidup sehat.  Pembelajaran kegiatan senam terutama materi keseimbangan guru memberikan pembelajaran dengan cara siswa berjalan diatas garis dan berlari diatas garis. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan awal terhadap guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang pada tanggal 26 Januari 2012, di Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang, guru pernah melakukan pembelajaran keseimbangan dinamis namun tidak pernah menggunakan alat bantu pembelajaran berupa pedal keseimbangan dikarenakan belum adanya alat berupa pedal keseimbangan.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan pedal keseimbangan untuk pembelajaran keseimbangan dinamis siswa kelas II Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan modifikasi dari Borg dan Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan  pedal keseimbangan adalah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar , dan (7) revisi produk akhir.

            Lokasi penelitian dilakukan di aula Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang . Subyek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli, terdiri dari 2 orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga, dan ahli alat teknik, (2) uji coba kelompok kecil adalah menggunakan 9 siswa kelas II Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang dengan cara random sampling, dan (3) uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan yang terdiri dari 31 siswa kelas II Sekolah Dasar Permata Jingga Global School Malang.

            Hasil evaluasi dan persentase dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani menyatakan 94% produk pengembangan valid sehingga dapat digunakan. Dari ahli alat teknik menyatakan 83% produk pengembangan valid sehingga dapat digunakan. Kemudian  persentase dari uji coba kelompok kecil terdapat persentase sebesar 97% valid sehingga produk pengembangan dapat digunakan. Sedangkan persentase dari hasil uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 97% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat dijadikan sebagai alat untuk pembelajaran keseimbangan dinamis pada pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga di Sekolah Dasar dan di produksi.