SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Latihan Teknik Pukulan Forehand Overhead Clear Anak Usia 5-10 Tahun dengan Menggunakan Raket yang Dimodifikasi di Persatuan Bulutangkis Wiratama Lumajang.

Agung Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, Agung, 2012. Pengembangan Program Latihan Teknik Pukulan Forehand Overhead Clear Anak Usia 5-10 Tahun dengan Menggunakan Raket yang Dimodifikasi di Persatuan Bulutangkis Wiratama Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Drs. Setyo Budiwanto, M. Kes. Pembimbing II: Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, program latihan, anak usia 5-10 tahun, raket yang dimodifikasi

Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Untuk menjadi seorang pebulutangkis yang mempunyai keterampilan teknik yang baik dan bagus, diperlukan pembinaan mulai sejak dini yang dimulai pada kisaran umur 5-10 tahun. Program latihan yang diperuntukkan anak usia 5-10 tahun tidak boleh disamakan dengan program latihan atlet pada umumnya. Raket yang digunakan juga harus dimodifikasi sehingga sesuai dengan kebutuhan anak. Teknik pukulan forehand overhead clear merupakan salah satu teknik dasar bulutangkis yang harus dikuasai para pebulutangkis. Berdasarkan analisis kebutuhan 100 % peserta latihan menjawab perlu adanya modifikasi raket dalam latihan. Berawal dari masalah tersebut maka peneliti mencoba mengembangkan program latihan pukulan forehand overhead clear untuk anak usia 5-10 tahun dengan menggunakan raket modifikasi.

Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk membuat program latihan teknik pukulan forehand overhead clear yang sesuai dengan anak usia 5-10 tahun dengan menggunakan raket yang dimodifikasi di Persatuan Bulutangkis Wiratama Lumajang. Penelitian pengembangan ini ini menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh melalui instrument yang dibuat peneliti. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan wawancara.  Produk penelitian adalah berupa program latihan teknik pukulan forehand overhead clear yang sesuai dengan anak usia 5-10 tahun dengan menggunakan raket yang dimodifikasi di Persatuan Bulutangkis Wiratama Lumajang. Spesifikasi program latihan ini  adalah untuk memberikan gambaran tentang karakteristik produk yang diharapkan dari kegiatan pengembangan yang berisi materi kognitif teknik pukulan forehand overhead clear, dan dilengkapi gambar serta cara melakukan latihan. Materi latihan terdiri dari latihan footwork, shadow, drill dan stroke.

Penelitian awal dengan pengumpulan informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan. Perencanaan termasuk definisi keahlian melalui menentukan objek-objek masalah dalam satu lingkup masalah dan skala tes kecil yang mungkin terjadi.  Pengembangan produk awal meliputi persiapan materi pembelajaran, buku pedoman dan perangkat evaluasi. Persiapan uji kelompok kecil diadakan di Persatuan Bulutangkis Wiratama Lumajang dengan menggunakan 12 subjek yang diteliti, data wawancara, observasi dan kuesioner dikumpulkan dan dianalisis. Revisi produk seperti yang telah dihasilkan oleh tes persiapan lapangan. Uji kelompok besar menggunakan 30 subjek, data kuantitatif dalam penampilan subjek sebelum dan sesudah tes dikumpulkan. Revisi produk operasional, revisi produk yang telah disarankan oleh hasil tes lapangan utama,

Hasil penelitian berdasarkan tinjauan para ahli bulutagkis adalah sebagai berikut. Kesesuaian dan kelengkapan program latihan pukulan forehandover head clear bulutangkis menggunakan raket yang dimodifikasi untuk anak usia 5-10 tahun dinyatakan, sangat baik (94%). Kesesuaian dan kelengkapan materi kognitif keseluruhan program latihan pukulan forehand over head clear bulutangkis menggunakan raket yang dimodifikasi untuk anak usia 5-10 Tahun dinyatakan Baik (75%). Kesesuaian dan kelengkapan materi footwork dinyatakan sangat baik (100%). Kesesuaian dan kelengkapan materi stroke dinyatakan sangat baik (92%). Kesesuaian dan kelengkapan materi drill dinyatakan sangat baik (100%). Kesesuaian dan kelengkapan keseluruhan program latihan pukulan forehand over head clear bulutangkis menggunakan raket yang dimodifikasi untuk anak usia 5-10 tahun dinyatakan sangat baik (94%). Kesesuaian alokasi waktu latihan secara keseluruhan dinyatakan sangat baik (100%). Kesesuaian dan kelengkapan volume latihan secara keseluruhan dinyatakan baik (75%). Kesesuaian dan kelengkapan intensitas latihan secara keseluruhan dinyatakan sangat baik (94%). Kesesuaian dan kelengkapan keseluruhan variasi program latihan pukulan forehand over head clear bulutangkis menggunakan raket yang dimodifikasi untuk anak usia 5-10 tahun dinyatakan sangat baik (100%).

Dengan melihat hasil yang diperoleh pada saat penelitian tersebut maka dapat dikatakan bahwa program latihan teknik pukulan forehand overhead clear untuk anak usia 5-10 tahun di Persatuan Bulutangkis Wiratama Lumajang ini efektif. Sehingga program latihan tersebut dapat digunakan untuk latihan di Persatuan Bulutangkis yang lainnya.