SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Tembak Pantul dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamni untuk Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang

Agung Dwi Darmawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Darmawan, Agung Dwi. 2012. Pengembangan Permainan Tembak Pantul dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamni untuk Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Jasmani dan kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci : pengembangan, permainan, tembak pantul, pembelajaran,pendidikan jasmani

Permainan atau games adalah “suatu aktivitas yang bertujuan untuk memuaskan atau menyenangkan diri atau melakukan suatu kegiatan dengan alat yang bersifat menyenangkan diri” dan karateristik siswa kelas VII dan VIII adalah keinginan yang kuat untuk belajar keterampilan dan ketertarikan pada mata pelajaran teknik dan alat. Aktivitas permainan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan semangat pada siswa saat pembelajaran. Permainan tembak pantul adalah pengembangan permainan bolabasket dengan menyederhanaan peraturan yang telah ditetapkan oleh FIBA. Penyederhanaan yang dimaksud yaitu: penyederhanaan lapangan permainan, sasaran tembak, waktu permainan dan peraturan permainan.

Tujuan penelitian dan pengembangan permainan tembak pantul pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang diharapkan dapat memberikan variasi dalam pemberian materi kompetensi teknik dasar, yaitu dalam bentuk permainan bolabasket dengan peraturan yang disederhanakan, mudah, menyenangkan dan aman untuk dimainkan.

Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan permainan tembak pantul ini adalahi: 1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, 2) melakukan perencanaan, selanjutnya dievaluasi oleh para ahli, 3) mengembangkan bentuk produk awal, 4) melakukan uji coba kelompok kecil dengan 12 subjek, 5) Melakukan revisi terhadap produk awal, 6) melakukan uji lapangan (kelompok besar) dengan 38 subjek, 7) melakukan revisi produk. Intrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.

Hasil pengembangan ini adalah berupa permainan tembak pantul untuk siswa kelas VII SMPN 18 Malang, dan dilengkapi dengan buku petunjuk permainannya. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diuji cobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada SMP dan lembaga pendidikan terkait sehingga dapat digunakan sebagai mestinya. Selain hal tersebut karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya, untuk menguji tingkat keefektifitasan dari produk yang dikembangkan