SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan Berbasis Kecerdasan Kinestetik Untuk Taman Kanak-kanak Kelas B di TK Negeri Pembina 1 Kota Malang

Andrie Dedi Bachtiar

Abstrak


ABSTRAK

 

Bachtiar, Dedi, Andrie. 2012. Pengembangan Model Permainan Berbasis Kecerdasan Kinestetik untuk Taman Kanak-Kanak  Kelas B di TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Asim, M.Pd, (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model permainan, Kecerdasan kinestetik

Berdasarkan penelitian melalui wawancara pada tanggal 11 Februari 2012 terhadap guru TK Negeri Pembina 1 Kota Malang yaitu guru menjelaskan bahwa banyak siswa yang kurang aktif dalam  pembelajaran gerak. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengembangan pola permainan guna mengembangkan potensi kinestetik siswa. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada guru ditemukan sebanyak  80% guru menyatakan kurang memahami bagaimana mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa, dan sebanyak  100% guru menyatakan masih kesulitan dalam mengembangkan pola permainan guna mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan yang menarik bagi siswa kelas B di TK Negeri Pembina 1 Kota Malang, sehingga model permainan tersebut dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan di TK Negeri Pembina 1 Kota Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik data kualitatif dan data kuantitatif berupa persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 6 siswa diperoleh persentase 87,92%, dan pada uji kelompok besar dengan menggunakan 30 siswa diperoleh persentase 92,08% sehingga model permainan berbasis kecerdasan kinestetik untuk kelas B TK Negeri Pembina 1 Kota Malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: sebelum disebarluaskan sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Selain itu subjek penelitian sebaiknya diperluas, baik siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba.

Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar maka dapat disimpulkan  bahwa model permainan tersebut dapat digunakan sebagai upanya mengembangkan kecerdasan kinestetik anak kelas B di TK Negeri Pembina 1 Kota Malang.