SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemahaman Wasit Futsal PSSI Kota Malang Terhadap Peraturan Permainan Futsal Nomor 12 Tentang Pelanggaran Dan Kelakuan Tidak Sopan

Syafriyan Budi Agusta

Abstrak


ABSTRAK

 

Budi Agusta, Syafriyan. 2012. Pemahaman Wasit Futsal PSSI Kota Malang Terhadap Peraturan Permainan Futsal Nomor 12 Tentang Pelanggaran Dan Kelakuan Tidak Sopan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes, (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pemahaman, wasit futsal, peraturan permainan futsal nomor 12, pelanggaran dan kelakuan tidak sopan.

Pelanggaran dan kelakuan tidak sopan adalah Peraturan Permainan Nomor 12 dari 17 Peraturan Permainan Futsal. Pelanggaran dan kelakuan tidak sopan hampir selalu terjadi dalam setiap pertandingan. Peraturan ini harus dipahami oleh wasit sebagai pengadil yang menerapkan peraturan permainan, untuk mewujudkan permainan yang sportive dan fair play.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pemahaman Wasit Futsal PSSI Kota Malang terhadap Peraturan Permainan Futsal dari FIFA Nomor 12 tentang Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sopan. Diharapkan, hasil penelitian ini bisa membantu untuk meningkatkan pemahaman wasit futsal agar lebih baik lagi. Maka diharapkan Komisi Wasit Futsal PSSI Kota Malang lebih banyak melakukan sosialisasi terhadap Peraturan Permainan Futsal Nomor 12 dari FIFA tentang Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sopan khususnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian yang dilakukan terhadap variabel mandiri tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Langkah penelitian sebagai berikut: (1) Tahap persiapan pengumpulan data, (2) tahap pelaksanaan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah Wasit Futsal PSSI Kota Malang tahun 2012 yang memimpin pertandingan Bewe’es Cup 2012 sebanyak 20 wasit.

Hasil analisis persentase lembar observasi dengan judge dalam pertandingan Bewe’es Cup 2012 sebagai berikut: wasit yang membuat keputusan benar adalah 76.1% dan keputusan salah 23.9%. Artinya bahwa 76.1% Wasit Futsal PSSI Kota Malang sudah memahami dan 23.9% yang belum memahami beberapa indikator Peraturan Permainan Futsal dari FIFA Nomor 12 tentang Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sopan. Berdasarkan analisis persentase hasil tes tulis, jumlah wasit yang menjawab benar adalah 81,6% dan menjawab salah 18,4%. Artinya bahwa 81,6% Wasit Futsal PSSI Kota Malang sudah memahami dan 18,4% yang belum memahami beberapa indikator Peraturan Permainan Futsal dari FIFA Nomor 12 tentang Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sopan. Maka Wasit Futsal PSSI Kota Malang termasuk dalam kategori baik.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas wasit futsal agar menjadi lebih baik lagi dalam memimpin pertandingan serta diharapkan Wasit Futsal PSSI Kota Malang tidak hanya dapat memahami teori tentang peraturan permainan saja, melainkan dapat melakukan penerapan peraturan permainan secara benar sesuai laws of the game.