SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Part Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan Footwork Bulutangkis Kelompok Anak-anak Di Persatuan Bulutangkis BAT Kota Malang

ricky Wahyu sejati

Abstrak


ABSTRAK

 

Sejati, Ricky Wahyu. 2012. Penerapan Metode Part Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan Footwork Bulutangkis Kelompok Anak-anak Di Persatuan Bulutangkis BAT Kota Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes, (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci: Teknik Footwork, Latihan Footwork, Metode Part Whole.

Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan yang berkualitas, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Teknik dasar dan pemahaman tentang footwork sangat penting dalam jalannya permainan bulutangkis. Berdasarkan hasil awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan teknik dasar footwork kelompok umur anak-anak PB BAT Kota Malang, ternyata kurang begitu menguasai teknik dasar ini.

Tujuan peneliti ingin meningkatkan kemampuan Footwork dengan pola-pola latihan ditambah dengan penerapan metode part whole  dengan harapan atlet dapat mempunyai teknik Footwork yang bagus. Sehingga dapat memperbesar peluang untuk menghasilkan kemenangan dalam setiap pertandingan.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Olahraga (PTO) yang dilandasi penelitian tindakan kelas yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan olahraga ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) Perencanaan tindakan, (2) Melakukan tindakan, (3) Pengamatan atau observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet PB BAT Kota Malang yang berjumlah 21 atlet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan atau observasi, dokumentasi dan tes.

Hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan teknik Footwork para atlet dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan atlet dalam teknik footwork setelah diberikan tindakan dari siklus 1 dan siklus 2 hasilnya, dari 21 atlet ada 20 atlet atau 95,23 % dapat melakukan posisi siap lutut ditekuk dan raket mengadah kedepan atas dengan benar, 19 atlet atau 90.47 % dapat melakukan gerakan kaki menyilang dalam melangkah keberbagai posisi dengan benar, 18 atlet atau 85,71 % bisa melakukan perputaran badan pada saat setelah melangkah keberbagai tempat dengan baik, 20 atlet atau  95,23 % bisa melakukan tumpuan kaki depan dengan kaki kanan, 20 atlet atau 95,23 % bisa kaki melangkah  rapat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa dengan pemberian metode part whole dapat meningkatkan ketrampilan footwork kelompok anak-anak di Persatuan Bulutangkis Kota malang. Saran dalam penelitian ini adalah agar pelatih dalam membuat program  latihan lebih teliti lagi, pelatih harus cermat mengetahui kemampuan dasar tiap atletnya dan dibutuhkan sebuah metode untuk dapat menghasilkan keterampilan yang memuaskan, mengingat Persatuan Bulutangkis BAT termasuk klub hebat dan berprestasi se-Malang Raya .