SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upayan Meningkatkan Keterampilan Kekuatam Otot Lengan, Perut dan Punggung Menggunakan Selang Air dan Spon pada Siswa Kelas VII. 5 di SMP Negeri 3 Malang

Indah NUr Chananiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Chananiyah, Indah Nur. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerakan Kekuatan Otot Lengan, Perut dan Punggung Menggunakan Selang Air dan Spon pada Siswa Kelas VII. 5 di SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Drs. Heru Widijoto, M.S.

 

Kata kunci: Keterampilan, Kekuatan Otot Lengan, Perut dan Punggung, Selang Air dan Spon.

Kebugaran Jasmani adalah salah satu materi pendidikan jasmani yang terdapat pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Kebugaran Jasmani merupakan kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Pembelajaran kebugaran jasmani di sekolah umumnya belum berjalan secara semestinya dibandingkan dengan pembelajaran olahraga permainan, demikian pula yang terjadi pada Kelas VII. 5 SMP Negeri 3 Malang. Salah satu media yang akan digunakan dalam pembelajaran kebugaran jasmani adalah selang air dan spon.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerakan kekuatan otot lengan, perut dan punggung menggunakan selang air dan spon. Selang air dan spon merupakan bentuk media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam melakukan gerakan kekuatan otot lengan, perut dan punggung berupa gerakan push up, sit up dan back up.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dai siklus 1 dan siklus 2. Peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani, yang mengajar di kelas VII. 5 SMP Negeri 3 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. 5 SMP Negeri 3 Malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan  media selang air dan spon terjadi peningkatan pada keterampilan push up, sit up dan back up siswa selama mengikuti pembelajaran kebugaran jasmani dari tiap siklus. Pada siklus 1 gerakan push up yang melakukan dengan benar sebesar 52.9%, gerakan sit up yang melakukan dengan benar sebesar 50%, gerakan back up yang melakukan dengan benar sebesar 52.9%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan push up, sit up dan back up dengan masing-masing taraf keberhasilan dari gerakan push up yang melakukan dengan benar sebesar 67.6%, gerakan sit up yang melakukan dengan benar sebesar 79.4%, gerakan back up yang melakukan dengan benar sebesar 73.5%.

Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kebugaran jasmani dengan menggunakan media selang air dan spon dapat meningkatkan keterampilan gerakan kekuatan otot lengan, perut dan punggung pada siswa kelas VII. 5 di  SMP Negeri 3 Malang.