SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan permainan menembak bola ke lingkaran berjaring pada kompetensi dasar permainan bola kecil untuk siswa kelas IV dan V SDN Klojene

Rizky Wahyu Ulfayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulfayani, Rizky Wahyu. 2012. Pengembangan Permainan Menembak Bola ke Lingkaran Berjaring Pada Kompetensi Dasar Permainan Bola Kecil untuk Siswa Kelas IV dan V SDN Klojen. Skripsi, Jurusan  Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S., (II) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes

 

Kata kunci : pengembangan, permainan, bola kecil, menembak bola ke lingkaran berjaring.

Siswa kelas IV dan V sekolah dasar menyukai permainan aktif dan bersifat kompetitif. Pada pembelajaran permainan kasti di kelas IV SDN Klojen hanya tujuh siswa yang aktif bergerak, siswa lain berdiri di tempat untuk menunggu giliran memukul ataupun menunggu datangnya bola. Guru belum pernah memberikan permainan bola kecil yang dimodifikasi, untuk itu perlu adanya pengembangan permainan bola kecil yang dimodifikasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan permainan menembak bola ke lingkaran berjaring yang diharapkan mudah dilakukan, menyenangkan dan dapat membuat siswa lebih aktif bergerak, serta dapat digunakan sebagai alternatif permainan pada kompetensi dasar permainan bola kecil yang nantinya dapat bermanfaat bagi siswa kelas IV dan V serta guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SDN Klojen.

Pengembangan permainan “menembak bola ke lingkaran berjaring” ini mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain; 1) penelitian awal (need assessment), 2) perencanaan berupa penyusunan rencana pengembangan permainan, 3) pengembangan draft produk yang selanjutnya akan dievaluasi oleh para ahli, 4) melakukan uji coba kelompok kecil, 5) merevisi hasil uji coba, 6) melakukan uji lapangan kelompok besar, dan 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa kajian terhadap silabus, wawancara, observasi dan kuesioner untuk para ahli, subyek uji coba kelompok kecil dan uji lapangan (kelompok besar). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentase.

Pengembangan permainan ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu dua orang ahli permainan dan satu orang ahli pembelajaran. Hasil dari uji coba kelompok kecil adalah baik sehingga dapat dilanjutkan untuk uji lapangan (kelompok besar). Pada uji lapangan (kelompok besar) secara keseluruhan mendapatkan hasil baik, namun untuk aspek waktu permainan mendapatkan hasil cukup. Sehingga revisi dilakukan dengan menambah lama permainan sesuai dengan hasil uji lapangan (kelompok besar).

Setelah melakukan penyempurnaan produk maka permainan ini dapat dijadikan salah satu alternatif permainan bola kecil untuk siswa kelas IV dan V SDN Klojen. Untuk penelitian lebih lanjut disarankan perlu adanya kajian untuk mengetahui keefektifan permainan menembak bola ke lingkaran berjaring.