SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR TENTANG PENDIDIKAN KESEHATAN DI SMA NEGERI TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG

Bhakti Rokhmatul Fajar

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajar, Bhakti R. 2012. Pengembangan Buku Ajar tentang Pendidikan Kesehatan di SMA Negeri Tempeh Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M. S, (2) Sri Purnami, S. Pd, M. Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Pendidikan Kesehatan, Buku Ajar.

Tujuan pendidikan kesehatan adalah untuk meningkatkan status kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit, mempertahankan derajat kesehatan yang sudah ada. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri Tempeh Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, siswa menyatakan bahwa buku-buku literatur tentang kesehatan jumlahnya sedikit dan siswa membutuhkan buku literatur tentang kesehatan, oleh karena itu peneliti ingin membuat buku ajar pendidikan kesehatan berdasarkan need assessment yang muncul.

Pengembangan buku ajar pendidikan ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Dalam pengembangan buku ajar pendidikan kesehatan ini, peneliti mengacu pada model rancangan pengembangan prosedural dari Borg dan Gall. Model pengembangan tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, (2) menentukan objek-objek masalah dalam satu lingkup masalah, (3) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (4) mengembangkan produk awal, (5) validasi ahli dan revisi, (6) uji coba kelompok kecil, (7) uji kelompok besar dan produk akhir.

Lokasi penelitian adalah SMA Negeri Tempeh Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Subjek uji coba dalam  pengembangan buku ajar pendidikan kesehatan ini terdiri dari (1) evaluasi ahli, terdiri dari seorang ahli kesehatan, seorang ahli pendidikan kesehatan, dan seorang ahli media, (2) siswa SMA Negeri Tempeh kelas X dan XI sebagai kelompok uji coba dengan jumlah 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 40 siswa untuk uji kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner terbuka untuk para ahli dan kuesioner tertutup untuk siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan persentase.

Hasil penelitian dapat diketahui melalui evaluasi para ahli dan uji kelompok. Adapun hasil dari evaluasi para ahli di antaranya evaluasi ahli media 79,65%, hasil evaluasi ahli kesehatan 79,31% dan hasil evaluasi ahli pendidikan kesehatan 79,81%. Uji kelompok kecil dan besar berturut-turut adalah 77,14% dan 83,17% dengan kategori valid sehingga produk pengembangan bisa digunakan sebagai buku ajar pendidikan kesehatan. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar dilakukan pengembangan lebih lanjut berupa e-book atau video yang memberikan materi tentang pendidikan kesehatan.