SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pelatihan Kelentukan Tubuh Sebagai Pendukung Pelaksanaan Senam Guling ke Depan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Kelas X-9 SMA Negeri 1 Batu.

AVIN ADIBAH HIMAWAN .B

Abstrak


ABSTRAK

 

Himawan B,  Avin Adibah. 2012.  Penerapan  Pelatihan  Kelentukan  Tubuh  Sebagai Pendukung  Pelaksanaan  Senam Guling  ke Depan  Pada Mata  Pelajaran Pendidikan  Jasmani Bagi  Siswa Kelas X-9  SMA Negeri  1 Batu.  Skripsi, Jurusan Pendidikan  Jasmani  dan Kesehatan Fakultas  Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing:  (I)  Drs.  Tatok  Sugiarto,  S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata kunci: Pelatihan Kelentukan Tubuh, Senam Guling ke Depan.

 

Pendidikan  jasmani  dan  kesehatan  khususnya  materi  senam  guling  ke depan  belum  berjalan  dengan  baik,  hal  tersebut  dikarenakan  bahwa  dalam pelaksanaan  senam  guling  ke  depan  perlu  dipersiapkan  pemanasan  yang  benar terutama pemanasan yang menuju pada kelentukan  tubuh. Berdasarkan observasi awal, diperoleh hasil pemberian pemanasan yang menuju pada pelaksanan guling depan  saat  awal pembelajaran kurang maksimal, 2)  jumlah pembelajaran  efektif untuk senam guling depan ada 2 kali tatap muka yang terdiri dari 1 kali pemberian materi  dan  1  kali  tes,  3)  kurang  variatif materi  yang  diberikan,  4)  tidak  adanya pendinginan  dan  evaluasi  setelah  pelajaran.  Oleh  karena  itu  perlu  adanya pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan yang sistematis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran senam guling ke depan dengan pelatihan kelentukan tubuh pada 32 siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Batu.

Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  tindakan  kelas  dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi.  pembelajaran  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pelatihan kelentukan tubuh.

Hasil  pada  siklus  1,  siswa  yang  nilainya  melampaui  KKM  sebesar  20 (62,50%)  dari  32  siswa,  pada  siklus  II menjadi  30  (93,75%).  Setelah  dilakukan PTK, ketuntasan belajar klasikal  siswa mengalami peningkatan 21,87% menjadi 62,50% pada siklus I. Pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal siswa mengalami peningkatan 3 l,25% menjadi 93,75%.

Peneliti menyarankan dalam pembelajaran senam guling ke depan dengan menggunakan  latihan  kelentukan  tubuh  dapat  diterapkan  dalam  pembelajaran senam  guling  ke  depan,  karena  dengan  menggunakan  latihan  tersebut  terbukti dapat meningkatkan keterampilan senam guling ke depan di SMA Negeri 1 Batu.