SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi tentang kebutuhan manusia menurut maslow (studi kebutuhan member Champion futsal puncak tidar dalam bermain futsal)

Muhammad Farid

Abstrak


ABSTRAK

 

Farid, Muhammad. Juli 2011. Studi tentang kebutuhan manusia menurut maslow (studi kebutuhan member Champion futsal puncak tidar dalam bermain futsal). Skripsi, jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keolahragaan. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes, (II) Dr. Slamet Raharjo, M.Or.

 

Kata Kunci: Kebutuhan Manusia menurut Maslow, member Champion Futsal Puncak Tidar, Futsal

 

Futsal adalah olahraga permainan dengan menggunakan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing regu beranggotakan lima orang pemain, dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dengan memanipulasi bola dengan kaki. Keberadaan futsal di Indonesia masih tergolong muda, namun antusias masyarakat Indonesia untuk bermain futsal sangatlah besar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masayarakat yang membuat kelompok bermain futsal menyewa lapangan khusus untuk bermain futsal di Champion Futsal Puncak Tidar Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan yang terdapat pada member Champion Futsal Puncak Tidar dalam bermain futsal menurut hirarki kebutuhan dari A.H. Maslow secara umum dan secara khusus. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 orang member Champion Futsal Puncak Tidar.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase tertinggi dari tiap-tiap variabel. Pada kebutuhan fisiologis aspek kebutuhan berolahraga 46,7%, aspek kebutuhan kesegaran jasmani 52,5%. Kebutuhan akan keamanan aspek kebutuhan aman secara fisik sebesar 42,75%, aspek kebutuhan aman secara psikologis sebesar 40%, aspek kebutuhan aman secara sosial sebesar 48,4%. Kebutuhan sosial aspek kebutuhan cinta terhadap diri sendiri sebesar 44,2%, aspek kebutuhan cinta terhadap orang lain sebesar 51,1%. Kebutuhan akan penghargaan aspek kebutuhan penghargaan dari masyarakat sebesar 18,3% , aspek kebutuhan mendapatkan sesuatu sebesar 25%. Kebutuhan merealisasi diri aspek kebutuhan mengembangkan diri sebesar 51,1%, aspek kebutuhan mengekspresikan diri sebesar 43,3%. Sehingga secara umum, sebagian besar member Champion Futsal Puncak Tidar bermain futsal karena terdorong untuk memenuhi kebutuhan fisiologis terutama pada aspek kebutuhan meningkatkan kebugaran jasmani (52,5%).

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar jurusan Ilmu Keolahragaan dapat memberikan peran sertanya pada perkembangan olahraga permainan futsal di kota Malang. Diharapkan bagi pengelola Champion Futsal Puncak Tidar agar tetap mempertahankan kualitas pelayanannya kepada setiap pelanggan. Dengan memperhatikan hasil penelitian ini diharapkan juga kepada pengelola supaya memperhatikan tingkatan kebutuhan yang ada pada setiap pelanggannya sehingga dapat memberikan pelayanan yang bertambah baik. Sedangkan bagi peneliti lain, diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan acuan untuk penelitian lebih lanjut. Diharapkan pula kepada pecinta futsal agar memperhatikan kebutuhan apa yang ada pada diri masing-masing individu dan segera untuk dipenuhi. Setelah kebutuhan yang lebih rendah terasa cukup terpenuhi, maka segera beralih kepada kebutuhan yang lebih tinggi, agar apa yang diinginkan dapat tercapai.