SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PROGRAM LATIHAN STRATEGI PERTAHANAN DALAM PERMAINAN BOLAVOLI DI PBV GAJAYANA

Hariyanto .

Abstrak


ABSTRAK

 

Hariyanto. 2011. Pengembangan Program Latihan Strategi Pertahanan Dalam Permainan Bolavoli di PBV Gajayana, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. winarno, M.Pd, (2) Dra.Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, bentuk latihan pertahanan bolavoli.

 

Bolavoli adalah olahrga yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net. Terdapat versi yang berbeda tentang jumlah pemain, jenis/ukuran lapangan, angka kemenangan yang digunakan untuk keperluan tertentu. Namun pada hakekatnya permainan bolavoli bermaksud menyebar luaskan kemahiran bermain kepada setiap orang yang meminatinya.

Berdasarkan hasil temuan melalui kegiatan observasi, wawancara pada tanggal 22 Mei 2011 ternyata dilakukan latihan fisik untuk menjaga stamina agar pada waktu bermain atau bertanding tidak menurun. Latihan fisik yang dilakukan di PBV Gajayana Diantaranya melakukan joging, trap, lompat pagar, lari zig-zag, sehingga program latihan strategi pertahanan sangat dibutuhkan oleh pelatih PBV Gajayana.

Sehingga peneliti ingin mengembangkan model latihan strategi pertahanan bolavoli PBV Gajayana. dengan adanya model-model latihan strategi pertahanan bolavoli harapannya tim bolavoli PBV Gajayana biasa antusias menjalani latihan tidak bosan dan mampu menerapkan strategi pertahanan yang terorganisir dengan baik. Sehingga dapat memperbesar peluang untuk menghasilkan kemenangan dalam setiap pertandingan.

Pada pengembangan program latihan bolavoli di PBV Gajayana, peneliti tidak memakai keseluruhan dari langkah-langkah model pengembangan Research and Development (R & G) dari Borg and Gall karena tidak sesuai dengan karakteristik yang akan diteliti serta keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Sehingga nantinya subyek hanya diambil dari para ahli, yaitu 2 ahli bolavoli dan 1 ahli program latihan. Dalam penelitian pengembangan program latihan bolavoli.

Pada pengembangan program latihan bolavoli di PBV Gajayana, peneliti tidak memakai keseluruhan dari langkah-langkah model pengembangan Research and Development (R & G) dari Borg and Gall terdiri dari: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) Tinjauan para ahli, (4) Uji coba produk, (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Revisi produk, (7) Uji coba lapangan, (8) Produk akhir Revisi.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk ahli dan siswa, dengan kualifikasi 2 ahli bolavoli dan 1 ahli kepelatihan. Sedangkan untuk atlet dilakukan uji coba kelompok kecil sebanyak 8 atlet dan uji coba kelompok besar sebanyak 25 atlet.

Hasil evaluasi pengembangan program latihan strategi pertahanan bolavoli adalah: dari ahli kepelatihan yaitu 91.66%, dari ahli bolavoli yaitu 88.19%, dari uji coba kelompok kecil 87.63% dari uji coba kelompok besar 84,04%.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan program latihan strategi pertahanan ini menyenangkan dan mudah untuk dilakukan.

Disarankan dalam penggunaan sebaiknya dilaksanakan sesuai dengan isi program latihan dan sesuai yang ada di lapangan.