SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PENBELAJARAN TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SARONGGI KABUPATEN SUMENEP

Susdiyono .

Abstrak


ABSTRAK

 

Susdiyono. 2011. Pengembangan pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal di SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes (II) Drs. Mardianto, M.Kes

 

Kata kunci : pengembangan, pembelajaran, lompat jauh gaya menggantung, gaya mengajar resiprokal

 

Pembelajaran adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam menyampaikan pesan atau materi kepada siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efesien. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru pendidikan jasmani di SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep pada tanggal 31 Januari 2011 tentang pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya menggantung, masih banyak siswa yang merasa kesulitan untuk melakukan teknik dasar lompat jauh gaya menggantung dengan baik, dan tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pendidikan jasmani SMP Negeri 1 saronggi kabupaten sumenep maka akan dilakukan pengembangan model pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan strategi gaya mengajar yang sesuai, agar dapat meningkatkan keterampilan, keaktifan, dan pemahaman siswa dalam pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya menggantung.

Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep merasa kesulitan untuk melakukan teknik dasar lompat jauh gaya menggantung dengan baik, dan tingkat keaktifan siswa masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep. Dengan adanya pengembangan model pembelajaran ini diharapkan siswa mampu memahami, terampil melakukan dan mengevaluasi teknik dasar lompat jauh gaya menggantung melaluai pemahaman, peragaan latihan dan pengamatan yang dilakukan secara berpasangan.

Model pengembangan lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep ini menggunakan model pengembangan Research and Development dari Borg and Gall yang dimodifikasi, peneliti hanya mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada.

Penelitian ini dilakukan di  SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep. Subjek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli terdiri atas, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli atletik, (2) uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 8 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep, (3) uji coba kelompok besar dengan melibatkan 40 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep.

Dari hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya mengantung dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Saronggi Kabupaten Sumenep dengan persentase 69,61% dengan makna digunakan. Sedangkan hasil uji lapangan (kelompok besar) diperoleh dengan persentase 89,01% dengan makna digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan sebaiknya subjek penelitian ini dilakukan pada yang lebih luas maupun kepada siswa kelas VII di sekolah lain.