SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN PRESTASI MENENDANG BOLA KE ARAH GAWANG SISWA SSB UNIBRAW 82 MALANG

Dwi Rudy Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, Dwi Rudy. 2011. Hubungan Kemampuan Motorik Dengan Prestasi Menendang Bola Ke Arah Gawang Siswa SSB Unibraw 82 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci : penelitian kuantitatif, motorik, kecepatan, kelincahan, menendang bola ke arah     gawang, Siswa SSB UNIBRAW 82 Malang.

 

Kemampuan motorik menurut Menurut Rusli Lutan (1988: 96) bahwa, “Kemampuan motorik lebih tepat disebut sebagai kapasitas dari seseorang yang berkaitan dengan pelaksanaan dan peragaan suatu ketrampilan yang relatif melekat setelah masa kanak-kanak”. Komponen kemampuan Motorik yaitu kecepatan, kelincahan, keseimbangan, daya ledak dan Kekuatan, tetapi jika hanya kekuatan dan kelincahan yang diberikan perlakuan berupa peragaan atau pelaksanaan menendang bola ke arah gawang apakah akan menghasilkan hubungan yang positif, hal inilah yang mendorong peneliti melakukan penelitian ini.

Rumusan masalah penelitian ini 1)Apakah ada hubungan antara kemampuan motorik kelincahan dengan prestasi menendang bola ke arah gawang ? 2)Apakah ada hubungan antara kemampuan motorik kecepatan dengan prestasi menendang bola ke arah gawang ? 3) Apakah ada hubungan antara kemampuan motorik kecepatan dan kelincahan dengan prestasi menendang bola ke arah gawang ?

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : 1) Apakah ada hubungan antara kecepatan dengan hasil menendang bola ke arah gawang, 2) Apakah ada hubungan antara kelincahan dengan hasil menendang bola ke arah gawang, dan 3) Apakah ada hubungan antara kedua kemampuan motorik tersebut dengan hasil menendang bola ke arah gawang,

Metode penelitian menggunakan survei dengan teknik tes. Hipotesis penelitian adalah : 1) Ada hubungan antara kecepatan lari dengan hasil menendang bola ke arah gawang,2) Ada hubungan antara kelincahan dengan hasil menendang bola ke arah gawang, 3) Ada hubungan antara kedua kemampuan motorik tersebut dengan hasil menendang bola ke arah gawang. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (prediktor) terdiri dari 1)Kecepatan (X1), 2) Kelincahan (X2), dan variabel terikat (kriterium) atau Y adalah Hasil menendang bola ke arah gawang. Populasi penelitian sebanyak 40 orang, dengan menggunakan teknik total sampling diperoleh sampel sebanyak 40 orang. Data kemampuan penelitian diolah menggunakan teknik regresi tunggal dan regresi ganda menggunakan program SPSS versi 18, menggunakan taraf signifikansi 5 %.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kecepatan dengan prestasi menendang bola ke arah gawang r = 0,659 dengan sumbangan efektif sebesar 12,856% dan sumbangan relatif sebesar 21,163% (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan prestasi menendang bola ke arah gawang r =0,768 dengan sumbangan efektif sebesar 47,891% dan sumbangan relatif sebesar 78,837% (3) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara kecepatan dan kelincahan dengan prestasi menendang bola ke arah gawang R = 0,779 dengan total sumbangan efektif sebesar 60,746%.

Berdasar pada simpulan kemampuan penelitian ini, disarankan kepada para pelatih sepakbola SSB UNIBRAW 82 Malang, bahwa dalam pelatihan menendang bola ke arahgawang aspek kecepatan dan kelincahan, dapat dijadikan sebagai materi pendukung didalam penyusunan program pelatihan pada siswa SSB UNIBRAW 82 Malang, agarproses pelatihan menendang bola ke arah gawang yang dilakukan dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas dan kemampuan siswa SSB UNIBRAW 82 Malang.