SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Prototype Peluru dengan Menggunakan Peluru Kayu untuk Pembelajaran Tolak Peluru pada Siswa SMP Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep

Ribut Sujibno

Abstrak


ABSTRAK

 

Sujibno, Ribut. 2011. Pengembangan  Prototype  Peluru dengan Menggunakan Peluru Kayu untuk Pembelajaran Tolak Peluru pada Siswa SMP Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes, (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: prototype, peluru kayu, pembelajaran, tolak peluru.

 

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari sistem pendidikan. Melalui pendidikan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih akan dilakukan secara sitematis. Ruang lingkup Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, salah satunya adalah permainan dan olahraga. 

Berdasarkan observasi dan wawancara pada tanggal 19 Februari 2011 terhadap guru pendidikan jasmani SMP Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep diperoleh data sebagai berikut: dalam pembelajaran atletik nomor lempar, khususnya tolak peluru tidak selalu diberikan kepada siswa dikarenakan terdapat permasalahan yang berkaitan dengan jumlah alat yang tidak mendukung dan berat peluru yang berukuran standar. Dari segi kuantitas alat, SMP Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep hanya memiliki 2 buah peluru yang terbuat dari besi keras dengan berat 4 kg (standar putri) dan 7,26 kg (standar putra), oleh karena jumlah dan berat yang standar tersebut dan alat tidak efektif untuk usia SMP, maka pembelajaran tolak peluru tidak dapat dilaksanakan.  

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype  peluru kayu untuk pembelajaran tolak peluru pada siswa SMP Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R & D) dari Borg and Gall  yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) Riset dan pengumpulan data informasi berupa wawancara dan observasi lapangan. (2)Mengembangkan produk awal. (3) Evaluasi dari para ahli dengan kualifikasi yaitu, satu ahli tolak peluru, satu ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani. (4) Revisi produk awal (revisi berdasarkan dari hasil evaluasi para ahli), (5) Uji coba (kelompok kecil)  yang dilakukan dengan melibatkan 8 subjek, (6) Uji lapangan (kelompok besar) dengan menggunakan 40 subjek, pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner kemudian dianalisis, (7) Revisi produk akhir berdasarkan hasil uji lapangan (kelompok besar). Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil analisis data dari ahli pembelajaran dan ahli atletik diperoleh persentase 82,5% dan 75%. Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat diuji cobakan untuk pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru kayu. Hasil persentase  pada saat uji coba kelompok kecil adalah100%, dan hasil persentase pada tahap uji coba kelompok besar adalah 100% sehingga  prototype  peluru dengan menggunakan peluru kayu untuk pembelajaran tolak peluru pada siswa SMP Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas, peneliti memberi saran yaitu bahwa sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan kondisi sasaran yang ingin dituju. Selain itu, untuk subjek penelitian sebaiknya dilakukan pada subjek yang lebih luas, baik siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba khususnya bagi kalangan pemangku mata pelajaran pendidikan jasmani.