SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dengan Metode Bermain dan Berlomba pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kronto III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan

Meilinda Henik Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Meilinda Henik. 2012. Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dengan Metode Bermain dan Berlomba pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kronto III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mua’rifin, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Keaktifan, gerak dasar lompat, bermain, berlomba

 

Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lompat merupakan salah satu nomer dari cabang atletik. Melalui pembelajaran gerak dasar lompat diharapkan siswa lebih senang, aktif, paham terhadap materi dan terampil dalam penguasaan. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat di SD Negeri Kronto III Kec. Lumbang Kab. Pasuruan masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak aktif, tidak semangat, tidak senang dan tidak tekun di dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat setelah menggunakan metode bermain dan berlomba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran gerak dasar lompat dengan pendekatan bermain dan berlomba. Siswa melakukan gerakan melompat sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik, khususnya pembelajaran gerak dasar lompat. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran sebanyak 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat siswa kelas IV SD Negeri Kronto III mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 70,83%, 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 83,33%, 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 75,00%, 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 66,66%, sehingga rata-rata skor keaktifan dalam pembelajaran sebesar 73,95% dalam kategori cukup baik. Hasil tindakan siklus 2 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 91,66%, 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 95,83%, 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 91,66%, 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 83,33%, sehingga skor rata-rata sebesar 90,62% dalam kategori baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar lompat dengan metode bermain dan berlomba dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat siswa kelas IV SD Negeri Kronto III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan.