SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENJELAJAHAN ALAM DI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 PUJON

Aris Maha Yudha

Abstrak


ABSTRAK

 

Yudha, Aris Maha. 2011. Pengembangan Buku Ajar Penjelajahan Alam Di Lingkungan Sekitar Sekolah SMPN 1 Pujon  Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M. Kes., (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes.

 

Kata Kunci: kegiatan penjelajahan alam.

 

SMPN Negeri 1 Pujon terletak di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang terletak di daerah pegunungan. Di sekitar sekolah banyak terdapat bukit, sungai, dan jembatan bambu. Dengan keadaan geografis seperti itu, tentunya siswa SMPN 1 Pujon akan sering mengalami kegiatan mendaki bukit, turun bukit, melewati jembatan bambu dan menyeberangi sungai. Tetapi siswa SMPN 1 Pujon belum mempunyai buku-buku tentang kegiatan penjelajahan. Sehingga perlu adanya sumber untuk belajar dalam melakukan kegiatan penjelajahan. Berdasarkan hasil Penelitian awal dilakukan pada seorang guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dan 35 siswa kelas VIII SMPN 1 Pujon Kabupaten Malang tanggal 11 Februari 2011. Pada penelitian awal melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru dan siswa kelas VIII SMPN 1 Pujon tentang penjelajahan kurang, sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi kurang optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan buku ajar penjelajahan alam di lingkungan sekitar sekolah. Diharapkan hasil dari pengembangan ini guru maupun siswa untuk lebih mengetahui tentang materi penjelajahan alam, sehingga pembelajaran kegiatan penjelajahan menjadi optimal.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan (1) Analisis kebutuhan dengan melakukan riset dan pengumpulan informasi, termasuk kajian pustaka dalam melahirkan penelitian awal.(2) Pembuatan produk awal.(3) Evaluasi para ahli tahap ke-l dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran, 1 ahli materi penjelajahan dan 1 ahli media.(4) Revisi produk.(5) Uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.(6) Uji Lapangan.(7) Produk hasil akhir pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pembelajaran penjelajahan, dan ahli media, dari evaluasi ahli mendapatkan saran dan masukan sehingga menjadi produk akhir yang siap digunakan untuk uji coba.produk akhir berupa buku ajar penjelajahan alam di lingkungan sekitar sekolah SMPN 1 Pujon. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 15 anak dan uji kelompok besar terhadap 35 anak di SMPN 1 Pujon, hasil pengembangan buku ajar penjelajahan alam di lingkungan sekitar sekolah dinyatakan dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan diantaranya: sebelum disebarluaskan sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali disesuiakan dengan situasi dan kondisi yang telah ada. Selain itu subjek penelitian sebaiknya dilakukan dengan subjek yang lebih luas, baik siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba.