SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Lari Cepat (Sprint) Siswa Kelas V SDN Welulang II Kec. Lumbang Kab. Pasuruan Menggunakan Metode Pakem

Endro Mulyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyono, Endro. 2012. Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Lari Cepat (Sprint) Siswa Kelas V SDN Welulang II Kec. Lumbang Kab. Pasuruan Menggunakan Metode Pakem. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas ilmu Keolahragaan Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes (2) Drs. Lokananta TWH, M.Kes.

 

Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas, Pembelajaran Lari Cepat (Sprint) Metode Pakem.

 

Pendidikan jasmani adalah pendidikan dari jasmani dan perlu diberikan dilembaga pendidikan, karena aktivitas jasmani yang berbentuk latihan memberikan manfaat bagi peserta didik dalam membentuk kebugaran jasmani dan pemeliharaan kesehatan. Namun karakteristik siswa sekolah dasar yang masih suka bermain sering kali mengalami hambatan dalam melakukan pembelajaran lari cepat (sprint), karena metode yang digunakan oleh guru kurang tepat  dan tidak menyenangkan, sehingga siswa tidak bersemangat dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Kurangnya aktivitas siswa dikarenakan program pelaksanaan pembelajaran lari cepat (sprint) yang diberikan guru tidak menarik dan membosankan. Sedangkan cara mengajarnya seperti mengajar atlet sehingga aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran tidak aktif.

 Lari cepat (sprint) adalah lari dengan langkah panjang dengan irama langkah yang tetap. Berdasarkan observasi awal tentang pembelajaran lari cepat (sprint) yang dilakukan melalui observasi pada aktivitas siswa diperoleh data siswa kurang aktif. Berikut data awal dari 20 siswa yang tidak antusias 12 siswa atau 60%. Siswa yang tidak bersungguh-sungguh 14 siswa atau 70%. Serta siswa yang tidak senang sebanyak 14 siswa atau 70%.

Penelitian ini bertujuan unuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran lari cepat (sprint) siswa kelas V SDN Welulang II Kec. Lumbang Kab. Pasuruan menggunakan metode PAKEM. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti, ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini pada data awal ke siklus 1 dan dilanjutkan ke siklus 2 aktivitas siswa tadinya tidak antusias sebanyak 40% meningkat di siklus 1 menjadi 70% kemudian di siklus 2 menjadi 100%. Siswa yang tadinya tidak bersungguh-sungguh sebanyak 30% meningkat di siklus 1 menjadi 75% di siklus 2 meningkat menjadi 90%, dan siswa yang tadinya tidak senang sebanyak 30% meningkat di siklus 1 menjadi 70% dan dilanjutkan ke siklus 2 meningkat menjadi 100%.

Selain hasil dari persentase aktivitas didapat pula pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dipandang dari aktivitas siswa ada yang datang terlambat, tidak memakai seragam, pada saat melakukan stretching dan kalestenik tidak tertib, melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran dan siswa pada waktu melakukan permainan berebut bamboo