SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektivitas Aspek Afektif Pada Pembelajaran Lompat Jauh Dengan Menggunakan Pendekatan Bermain Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan

Mohammad Zakariyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Zakariyah, Mohammad. 2012. Meningkatkan Efektivitas Aspek Afektif Pada Pembelajaran Lompat Jauh Dengan Menggunakan Pendekatan Bermain Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Skripsi,  Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mu’arifin, M.Pd, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Meningkatkan Efektifitas, aspek afektif, bermain.

 

Olahraga atletik adalah olahraga yang diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lompat jauh adalah salah satu nomer lompat dari cabang atletik. Melalui pembelajaran lompat jauh, diharapkan siswa lebih senang, semangat, mempunyai sikap disiplin dan percaya diri. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa efektivitas pada aspek afektif pembelajaran lompat jauh di SD Negeri Tambakrejo Kecamatan Pasrepan masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak semangat, tidak disiplin dan kurang percaya diri di dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas aspek afektif pembelajaran lompat jauh setelah melakukan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain. Melalui bermain ini, siswa dapat meningkatkan sikap/afektifnya dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik (lompat jauh). Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas aspek afektif pembelajaran lompat jauh siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari Indikator Kedisiplinan dalam pembelajaran sebesar 62%, Indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 71,3%, Indikator percaya diri dalam pembelajaran sebesar 74,7%, , dan rata-rata dari semua indikator pada siklus I memperoleh sebesar 69,3% dan termasuk dalam kategori cukup. Hasil tindakan pada siklus 2 dari Indikator Kedisiplinan dalam pembelajaran sebesar 78,6%, Indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 79,3%, Indikator percaya diri dalam pembelajaran sebesar 81,3%, dan rata-rata dari semua indikator pada siklus II memperoleh sebesar 79,7% dan termasuk dalam kategori baik

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan efektivitas aspek afektif pada pembelajaran lompat jauh siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan.