SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara bagi Siswa X8 SMA Negeri 1 Tumpang Menggunakan Metode Bermain

Halintar Ageng Pradigda

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradigda, Halintar Ageng. 2011. Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara bagi Siswa X8 SMA Negeri 1 Tumpang Menggunakan Metode Bermain. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Kemampuan, Lompat jauh gaya berjalan di udara, Metode bermain.

 

Lompat jauh gaya berjalan di udara merupakan salah satu cabang Atletik yang dipelajari di sekolah. Tapi banyak siswa yang kurang menyukai mata pelajaran tersebut. Ada beberapa metode pembaharuan dalam menyampaikan materi Lompat jauh gaya berjalan di udara agar siswa lebih tertarik dalam mempelajarinya. Salah satu metode tersebut adalah metode bermain.

Metode bermain akan membuat siswa tidak merasa bosan dan lebih efektif dalam menerima materi Lompat jauh gaya berjalan di udara. Dalam menerapkan metode ini, ada beberapa unsur yang harus diperhatikan. Unsur tersebut adalah kebahagian dan keceriaan.

Metode bermain yang digunakan dalam penelitian ini adalah lompat bak pasir, lompat botol dan kardus, permainan meraih bintang, permainan meraih bola, dan permainan lompat tali.

Penelitian yang dilakukan merupakan tipe tindakan kelas, yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tindakan kelas dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus mempunyai 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes.

Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa X8 SMAN 1 Tumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan Lompat jauh gaya berjalan di udara bagi 30 siswa menggunakan metode bermain. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang telah diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dari siklus ke siklus berikutnya. Berdasarkan penelitian ini, dianjurkan bagi para guru agar menggunakan metode bermain sebagai salah satu metode pembelajaran materi Lompat jauh gaya berjalan di udara.