SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Pembelajaran Teknik Menumpu Lompat Jauh dengan Menggunakan Metode Part and Whole pada Kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang

Rubita Andaru Ridoni

Abstrak


ABSTRAK

 

Ridoni, Rubita Andaru. 2011. Peningkatan Pembelajaran Teknik Menumpu Lompat Jauh dengan Menggunakan Metode Part and Whole pada Kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto, S. Pd, M. Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata kunci: Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Menggantung, Metode Part and Whole

  

Lompat jauh adalah salah satu materi pendidikan jasmani yang terdapat pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Atas. Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai hasil jarak terjauh. Pembelajaran di sekolah umumnya belum berjalan secara semestinya  dibandingkan dengan olahraga permainan, demikian pula yang terjadi pada Kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor, salah satu di antaranya penerapan metode part and whole belum diberlangsungkan dengan tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode part and whole dengan tepat agar pembelajaran lompat jauh lebih meningkat. metode part and whole merupakan bentuk pembelajaran pemecahan suatu bagian yang lebih kecil. Pemecahan gerak menjadi bagian terkecil, memiliki tujuan menghilangkan atau memperkecil kemungkinan kesalahan gerak. Metode part and whole sesuai untuk pelajaran teknik dasar, yaitu dari bagian hingga teknik keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani, yang mengajar di kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan  metode part and whole terjadi peningkatan pada keterampilan menumpu siswa selama mengikuti pembelajaran lompat jauh dari tiap siklus. Pada siklus 1 dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 54,16% sedangkan yang melakukan kesalahan 45,63%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan lompat jauh khususnya pada teknik menumpu dengan masing-masing taraf keberhasilan dari aspek menumpu di antaranya, dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 91,66%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan metode part and whole dapat meningkatkan pembelajaran teknik menumpu pada lompat jauh pada siswa kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang.