SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MENGGUNAKAN METODE PART-WHOLE UNTUK SISWA KELAS X-C DI SMA NEGERI 1 GARUM KABUPATEN BLITAR

FEMIL ROMI SANDARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sandari, Femil Romi. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Guling Depan Menggunakan Metode Part-Whole untuk Siswa Kelas X-C di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S. Pd., M. Pd.

 

Kata kunci: Keterampilan, Senam Lantai Guling Depan, Metode Part-Whole.

 

Senam lantai guling depan adalah gerakan berguling ke arah depan melalui bagian belakang badan (tengkuk), punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. Berdasarkan hasil data observasi awal, diketahui bahwa keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas X-C di SMA Negeri 1 Garum masih kurang optimal. Oleh karena itu perlu adanya metode baru dalam penyampaian materi pembelajaran, agar materi yang disampaikan dapat tercapai.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas X-C di SMA Negeri 1 Garum dengan menggunakan metode part-whole.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-C SMA Negeri 1 Garum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan).

Hasil penelitian penggunaan metode part-whole dalam proses pembelajaran keterampilan senam lantai guling depan untuk siswa kelas X-C di SMA Negeri 1 Garum setelah diberi tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 adalah sebagai berikut: dari 37 siswa ada 36 siswa atau sejumlah 97,29% yang mampu melakukan gerakan benar pada teknik tumpuan tangan pada matras kedua lutut tetap dipertahankan lurus, 32 siswa atau sejumlah 86,48% yang mampu melakukan gerakan benar pada gerakan berguling ke depan hingga bagian badan mulai dari tengkuk, punggung, pinggang, panggul bagian belakang, dan 36 siswa atau sejumlah 97,29% yang mampu melakukan gerakan benar pada sikap akhir posisi jongkok, posisi kedua lengan lurus ke depan dada, dan dilanjutkan sikap berdiri dengan kedua kaki rapat.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian metode part-whole dapat meningkatkan keterampilan senam lantai guing depan siswa kelas X-C di SMA Negeri 1 Garum. Saran berdasarkan penelitian ini: (1) Guru pendidikan jasmani diharapkan lebih kreatif dan lebih bervariasi lagi dalam memberikan pembelajaran, (2) Guru pendidikan jasmani diharapkan peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh siswa, kesulitan yang dialami oleh siswa, serta bisa mencari solusi untuk memecahkan masalah yang dialami oleh siswa.