SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan metode bermain pada kelas VI SDN Tanjungrejo 5 Malang.

Tunrung P.

Abstrak


ABSTRAK

 

Tunrung, P. 2011. Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan bermain pada kelas VI SDN Tanjungrejo 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs’ Mu’ arifin, M.Pd, (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata Kunci: Peningkatan  keaktifan, pembelajaran tolak peluru.

 

Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Tolak peluru gaya menyamping adalah salah satu nomer lempar dari cabang atletik. Melalui pembelajaran tolak peluru gaya menyamping, diharapkan siswa mampu melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping dengan benar. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan tolak peluru gaya menyamping di SDN Tanjungrejo 5 Malang masih kurang optimal. Siswa masih mengalami kesalahan dalam melakukan teknik menolak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan teknik sikap awalan setelah diberikan beberapa permainan, (2) peningkatan teknik menolak setelah diberikan beberapa permainan, (3) peningkatan teknik akhiran setelah diberikan beberapa permainan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini  adalah lembar observasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan permainan modifikasi. Melalui permainan modifikasi ini, siswa melakukan tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga tolak peluru. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru dan merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran teknik tolak peluru gaya menyamping siswa kelas VI SDN Tanjungrejo 5 Malang mengalami peningkatan. Hasil observasi awal keaktifan siswa hanya 12,00%. Hasil tindakan siklus 1 keaktifan siswa meningkat menjadi 52,00%, dengan nilai rata-rata 6,66, siklus 2 dari 52,00% meningkat tajam menjadi 100% dengan nilai rata-rata 9,46 dari 16 deskriptor yang ada.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan  metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Tanjungrejo 5 Malang.