SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Model Permainan Pada Pembelajaran Gerak Dasar Lari Jarak Pendek (Sprint) Untuk Siswa SD Kelas V di SD Negeri 01 Wajak Kab.Malang.

YUASTENA Nafratinova

Abstrak


ABSTRAK

 

Nafratinova, Yuastena. 2011. Pengembangan Buku Ajar Model Permainan Pada Pembelajaran Gerak Dasar Lari Jarak Pendek (Sprint) Untuk Siswa SD Kelas V di SD Negeri 01 Wajak Kab.Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin M.Pd (II) Dra. Sri Purnami M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, model permainan, pembelajaran, gerak dasar lari jarak pendek, siswa SD kelas V

 

Menurut Badan standar pendidikan nasional (BNSP) (2006:702) menerangkan bahwa pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan social, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehtan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Dari analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menggunakan angket berupa kuesioner dan wawancara kepada siswa dan guru pendidikan jasmani di SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang diperoleh keterangan bahwa siswa senang berolahraga dan bermain serta setuju jika jika pembelajaran pendidikan jasmani khususnya materi lari jarak pendek (sprint) dilaksanakan melalui bermain. Di SD Negeri 02 Wajak Kab. Malang belum mempunyai buku ajar tentang model permainan pada pembelajaran lari jarak pendek (sprint).. Oleh karena itu perlu dikembangkan buku ajar model permainan pada pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek (sprint) untuk siswa sekolah dasar kelas V yang dapat digunakan sebagai acuan dan referansi SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang pada saat proses belajar mengajar.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengembangkan model buku ajar permaianan pada pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek (sprint) untuk siswa SD kelas V di SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang yang dapat digunakan sebagai acuan dan referensi guru pada saat proses pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek (sprint).

Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang. subjek uji coba terdiri dari (1) analisis kebutuhan siswa kelas V dan guru pendidikan jasmani, (2) tinjauan ahli, terdiri dari 3 orang ahli yaitu 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli permainan dan 1 ahli media, (3) uji coba kelompok kecil menggunakan 12 siswa kelas V di SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang, dan (4) uji kelompok besar menggunakan 30 siswa kelas V di SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang.

Dalam penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983:775) dan Ardhan (2002:9). Adapun langkah-langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan bahan ajar model permainan pada pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek (sprint) untuk siswa SD kelas V adalah sebagai berikut: 1) Analisis kebutuhan, yaitu dengan pengumpulan informasi melalui analisis kebutuhan sebagai landasan pemikiran guna pembuat konsep, 2) pembuatan produk awal yang akan dievaluasi oleh ahli-ahli, 3) uji coba produk awal dengan subjek 12 siswa (kelompok kecil), 4) revisi produk awal sesuai dengan evaluasi para ahli yang sesuai dengan kegiatan uji kelompok kecil, 5) uji lapangan kelompok besar dengan subyek 30 siswa, 6) revisi akhir produk sesuai dengan kegiatan uji kelompok besar hingga diperoleh produk akhir berupa buku ajar model permainan gerak dasar lari jarak pendek (sprint) untuk siswa SD kelas V di SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang.

Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil buku ajar model permainan gerak dasar lari jarak pendek (sprint) untuk siswa SD kelas V di SD Negeri 02 Wajak Kab.Malang dan buku ajar ini dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakuakan uji coba secara berulang-ulang, untuk subyek penelitian sebaiknya dilakukan pada subyek yang lebih banyak, baik itu siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba. Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk tingkat efektivitas dari produk yang dikembangkan ini, karena hasil dari pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk saja.