SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Senam Erobik Untuk Atlet Pencak Silat Pada Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang

Mochammad Firnadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Firnadi, Mochammad. 2011. Pengembangan Latihan Senam Erobik Untuk Atlet Pencak Silat Pada Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes

 

Kata kunci: Pengembangan, Latihan, Senam Erobik, Pencak Silat

 

Senam merupakan salah satu aktivitas olahraga yang sudah populer dan banyak digemari oleh masyarakat. Senam memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah senam erobik. Senam erobik telah populer dikalangan masyarakat, baik di kota-kota maupun di desa-desa. Pencak silat merupakan salah satu budaya asli bangsa Indonesia. Berawal dari beragam cara dalam usaha membela diri disetiap tempat dan jurus-jurus yang berbeda maka muncul berbagai perguruan silat salah satu diantaranya, adalah Persaudaraan Setia Hati Terate, berbentuk organisasi yang didirikan pada tahun 1922 di Madiun Jawa Timur, berkedudukan di pusat organisasi Madiun, Jawa Timur Indonesia (PSHT,2001:1). Atlet pencak silat pada Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang sebelum latihan terlebih dahulu melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan adalah stretching, kalestenik dan, joging keliling lapangan. Sedangkan waktu pemanasannya adalah 20-25 menit. Dengan Latihan pemanasan yang berupa stretching, kalestenik, dan joging keliling lapangan secara terus-menerus seperti itu, maka atlet pernah merasa bosan atau jenuh pada saat latihan. Maka diperlukan sebuah pengembangan produk berupa model latihan yang menarik dan tidak menjenuhkan sebagai alternatif latihan pemanasan berupa perpaduan gerakan pencaksilat dan senam erobik diiringi dengan musik (senam erobik pencak silat). Sedangkan produk tersebut belum pernah dilakukan pada latihan pencaksilat pada Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan senam erobik pencak silat dalam latihan atlet pencak silat pada Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang yang dikemas dalam bentuk VCD. Rangkaian gerakan senam tersebut berupa perpaduan gerakan senam erobik dengan gerakan pencaksilat dengan harapan dapat dipergunakan sebagai alternatif latihan pemanasan yang menarik dan tidak menjenuhkan dalam latihan pencaksilat Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu: 1) Menentukan potensi dan masalah penelitian; (2) Mengumpulkan informasi, (a) Mengkaji bahan pustaka, (b) Analisis kebutuhan; (3) Mendesain produk dan validasi desain, (a) Uji ahli media (1 orang), (b) Uji ahli pecak silat (2 orang); (4) Uji coba (kelompok kecil pada 9 atlet PSHT komisariat UM); (5) Merevisi hasil uji coba (6) Uji lapangan (kelompok besar pada 40 atlet PSHT cabang Malang); (7) Produk akhir pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil tinjauan para ahli, dari ahli senam erobik menyatakan bahwa secara keseluruhan sudah bagus, namun hendaknya diberi klip tampilan pencak silat, dan diberikan streatching di awal latihan pendahuluan. Tinjauan ahli pencak silat 1 menyatakan bahwa hasil pengembangan latihan senam erobik ini perlu penyempurnaan lebih lanjut dengan harapan akan memberikan warna untuk pemanasan. Tinjauan ahli pencak silat 2 menyatakan secara keseluruhan sudah bagus. Dari seluruh hasil tinjauan para ahli tersebut, maka dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk uji produk. Dari hasil uji coba (kelompok kecil) telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 76%-100%. Sedangkan hasil uji lapangan (kelompok besar) telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%. Berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar), maka diperoleh bahwa produk Pengembangan Latihan Senam Erobik Untuk Atlet Pencak Silat Pada Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 76%-100%, sehingga dapat digunakan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari para ahli, uji coba (kelompok kecil), maupun uji lapangan (kelompok besar), maka Pengembangan Latihan Senam Erobik Untuk Atlet Pencak Silat Pada Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Malang ini dapat dipergunakan.