SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Teknik Renang Gaya Bebas Untuk SMP Kelas VIII di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep

ADI MOLYONO

Abstrak


ABSTRAK

 

Molyono, Adi. 2011. Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Teknik Renang Gaya Bebas Untuk SMP Kelas VIII di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, buku ajar pembelajaran, teknik renang gaya bebas.

 

Olahraga renang ada empat gaya umum yang digunakan, di antaranya adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Dilihat dari segi manfaatnya renang juga bisa menjadi sarana penunjang bagi siswa untuk bergerak dengan bebas dengan tujuan utamanya adalah untuk membekali siswa dengan sebuah keterampilan hidup, atau keterampilan untuk mengisi waktu senggang dengan renang yang menyehatkan. Kemudian dilihat dari aspek psikologis dan segi sosialnya berenang banyak bermanfaat bagi kehidupan anak. Dilihat dari aspek psikologis, berenang bagi anak memiliki nilai yang khas dan meluas cakupannya, yaitu memupuk keberanian dan perasaan mampu serta percaya diri, disamping untuk membangkitkan suasana kegembiraan yang tidak dijumpai dalam aktifitas jasmani lainnya, “dari segi sosial, yakni manakala ada orang yang memerlukan pertolongan akibat kecelakaan dalam air ( karena banjir, perahu tenggelam) maka orang yang terampil berenang akan dapat membantunya

Diketahui bahwa di SMP telah ada meteri renang. Guru renang di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep  menerapkan pembelajaran renang dengan 4 gaya yang diajarkan, yaitu gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan gaya dada. Namun pada prakteknya, untuk melakukan teknik renang, terutama gaya bebas siswa masih mengalami kesulitan, khususnya siswa kelas VIII. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor pembelajaran yang diajarkan kurang variatif. Untuk itu peneliti perlu melakukan suatu cara agar siswa kelas VIII bisa lebih mudah menguasai teknik renang gaya bebas. Dan peneliti melakukan suatu cara berupa “ Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Teknik Renang Gaya Bebas Untuk SMP Kelas VIII di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep ”, dan diharapkan dengan adanya buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas, siswa bisa lebih cepat menguasai cara renang gaya bebas dengan benar.

Penelitian ini teknik pengembangan yang digunakan adalah teknik pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall (1983:775). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan cara kuesioner berupa angket yang diberikan kepada 1 orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 orang ahli renang dan 1 orang ahli media serta siswa yang berisi pertanyaan tentang  isi Buku Ajar Pembelajaran Teknik  Renang Gaya Bebas dengan mengacu pada metode atau prosedur yang telah ditentukan.

Data Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Teknik Renang Gaya Bebas ini adalah data kuantitatif, karena data yang diperoleh dinyatakan dengan angka bukan kalimat. Data analisis tersebut diperoleh dengan cara memberi skor pada kuesioner yang diberikan., dimana hasil data uji coba kelompok kecil adalah 95,05% dan untuk uji lapangan (kelompok besar) adalah 90,75%. Serta untuk klasifikasi persentase secara keseluruhan pada pengembangan buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas adalah dengan hasil yang terbaik.