SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tingkat VO2 Maks Pemain Sepakbola di Klub PS Harimau Batang Batang Kabupaten Sumenep

Mohammad Syaiful Rahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman, Moh. Syaiful. 2011. Survei Tingkat VO2 Maks Pemain Sepakbola di Klub PS Harimau Batang Batang Kabupaten Sumenep Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes, (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Permainan Sepakbola, VO2 Maks, PS Harimau Batang Batang

 

Permainan sepakbola merupakan olahraga dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri sebelas orang, tujuan utama permainan ini adalah mencetak gol atau skor. Salah satu syarat pencapain penampilan yang baik dalam bermain adalah kondisi fisik yang harus dipenuhi di antaranya tingginya konsumsi oksigen maksimal yang disebut dengan VO2 maks. Meskipun VO2 maks bukan merupakan satu-satunya komponen, namun ini sering diabaikan oleh pemain. Berdasarkan hasil observasi berupa wawancara dengan pelatih dapat disimpulkan bahwa pemain sepakbola di klub PS Harimau Batang Batang belum pernah ada data VO2 maks .

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui tingkat VO2 maks pemain sepakbola di klub PS Harimau Batang Batang dengan mengukur kemampuan tubuh mereka dalam mengkonsumsi oksigen secara maksimal melalui tes lari multitahap (multistage fitness test).

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah pemain yunior PS Harimau Batang Batang Kabupaten Sumenep dengan jumlah subjek 25 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes  lari multitahap (multistage fitness test) yang  hasilnya dikonversikan pada tabel VO2 maks, kemudian hasil tersebut dipersentasekan. Hasil persentase akan dijadikan pedoman pembuatan program latihan, khususnya untuk meningkatkan VO2 Maks pemain.

Hasil penelitian dapat ditunjukkan dari hasil tes lari lari multitahap (multistage fitness test) yaitu terdapat 6 orang pemain atau 24% kategori baik, 15 orang atau 60% pada kategori sedang dan  4 orang pemain atau 16% pada kategori kurang. Dengan rata-rata prediksi VO2 maks sebesar 39,05 ml/kg bb/menit secara keseluruan VO2 maks pemain sepakbola di klub PS Harimau Batang Batang Kabupaten Sumenep termasuk dalam kategori sedang. Hasil tersebut masih sangat kurang dibandingkan dengan standar VO2 maks pemain sepakbola yaitu 60 ml/kg bb/menit.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat  VO2 maks pemain sepakbola PS Harimau Batang Batang masih di bawah standar rata-rataVO2 maks pemain sepakbola. Oleh karena itu disarankan pelatih PS Harimau Batang Batang menambah porsi latihan terutama latihan fisik agar prestasi yang dicapai benar-benar maksimal sesuai yang diharapkan.