SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Pengenalan Air Dalam Bentuk Komik Pada Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Untuk Siswa Kelas II Sd Negeri Penarukan Kepanjen Kabupaten Malang

Andi Priyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Priyawan, Andi. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Pengenalan Air Dalam Bentuk Komik Pada Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Untuk Siswa Kelas II SD Negeri Penarukan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes. (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, komik, pengenalan air

 

Keterampilan renang merupakan salah satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar. Berdasarkan penelitian awal, guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD Negeri Penarukan Kepanjen mengajarkan materi renang dengan hanya bersumber dari buku ajar yang kurang diminati siswa. Oleh karena itu, guru merasa perlu memberikan kompetensi dasar renang pengenalan air dalam bentuk media pembelajaran yang menarik seperti komik pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis cetak dalam bentuk komik pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan khususnya pengenalan air yang diharapkan dapat membangkitkan minat siswa pada pelajaran.

Dalam penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775). Dari sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall, penelitian dan pengembangan ini tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. Hal ini disebabkan karena langkah-langkah yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan yang terbatas pada 1 sekolah dengan subjek uji coba sebanyak 30 siswa. Langkah-langkah yang ditempuh oleh peneliti adalah: (1) Penelitian dan pengumpulan data dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assessment) dengan cara memberikan kuesioner dan wawancara terukur kepada guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SD Negeri Penarukan Kepanjen; (2) Melakukan perencanaan penelitian; (3) Mengembangkan rancangan produk komik serta pengevaluasian oleh ahli (dilakukan oleh beberapa ahli); (4) Uji coba lapangan awal (dilakukan pada siswa kelas II SD Negeri Penarukan Kepanjen dengan menggunakan 8 subjek); (5) Merevisi hasil uji coba (sesuai dengan saran-saran hasil uji lapangan permulaan); (6) Uji coba lapangan utama (dilakukan pada siswa kelas II SD Negeri Penarukan Kepanjen dengan menggunakan 30 subjek uji coba); (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan utama (revisi produk berdasarkan saran-saran dari hasil uji coba lapangan utama).

Berdasarkan hasil evaluasi oleh beberapa ahli, maka diperoleh data sebagai berikut: a) Dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan diperoleh hasil persentase uji produk sebesar 94,64% dengan kriteria valid dan siap dimanfaatkan; b) Dari ahli renang diperoleh hasil persentase uji produk sebesar 95% dengan kriteria valid dan siap dimanfaatkan; dan c) Dari ahli media diperoleh hasil persentase uji produk sebesar 79,54% dengan kriteria valid, hanya saja perlu beberapa pembenahan seperti pengilustrasian gerakan renang yang lebih banyak dan detail, pemecahan beberapa balon kata dan tambahan credit title serta pemberian target. Sedangkan dari hasil  uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar), maka diperoleh data bahwa produk pengembangan komik pengenalan air untuk siswa kelas II di SD Negeri Penarukan Kepanjen tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 76-100%, sehingga dapat digunakan.

Produk berupa komik pembelajaran renang pengenalan air merupakan salah satu media ajar yang dapat digunakan baik siswa kelas II maupun guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD Negeri Penarukan Kepanjen Kabupaten Malang untuk membantu proses pembelajaran. Komik pembelajaran ini berisikan cerita sehari-hari siswa sekolah dasar, permainan di dalam air, materi pengenalan air dan rangkuman materi pengenalan air yang diharapkan mempermudah siswa untuk mengingat materi apa saja yang telah dipelajari.