SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 18 Malang

Anita Dili

Abstrak


ABSTRAK

 

Dili, Anita . 2011. Pengembangan Modul Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto, M. S. (2) Drs. H. Agus Gatot S, M. Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

 

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum pendidikan. Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan juga harus memiliki buku ajar lain yang menunjang aktivitas belajar. Buku ajar untuk mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diperlukan harus sesuai dengan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah dan sesuai dengan KTSP sekolah tersebut.

Modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan baik siswa maupun guru kelas VII di SMP Negeri 18 Malang untuk membantu proses pembelajaran. Modul ini dikembangkan sesuai dengan karakteristik pada SMP Negeri 18 Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk kelas VII semester Genap di SMP Negeri 18 Malang yang diharapkan dapat membantu dalam pembelajaran.

Dalam penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775). Dari sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall, penelitian dan pengembangan ini tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. Hal ini disebabkan karena langkah-langkah yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada 2 orang guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan 1 orang wakasek kurikulum 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli media dan 2 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang menghasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba kelompok kecil, 5) revisi hasil uji coba lapangan kelompok kecil, 6) uji coba kelompok besar, 7) revisi hasil uji coba lapangan kelompok besar.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 7 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 35 orang siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang, dapat disimpulkan bahwa 89,85 %  siswa menyatakan bahwa modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk VII semester genap SMP Negeri 18 Malang sangat jelas dan sangat membantu dalam belajar. Diharapkan modul tersebut menjadi referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pendidikan jasmani.