SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Pembelajaran Teknik Dasar “Serangan” Pencak Silat untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang

aniek nurhayati

Abstrak


ABSTRAK

Nurhayati, Aniek. 2011. Pengembangan Panduan Pembelajaran Teknik Dasar “Serangan” Pencak Silat untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (2) Drs. Mu’arifin, M.Pd

 

Kata kunci: pembelajaran, teknik dasar “serangan”, pencak silat

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti pada guru penjasorkes dan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang, tanggal 3 Maret 2011, pembelajaran pencak silat yang dilakukan masih sebatas teori. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) mendapatkan hasil dari 40 siswa kelas VII yang menyatakan 66% siswa merasa pencak silat kurang menarik karena pembelajaran yang diberikan sebatas teori dari lembar kerja siswa (LKS) dengan penjelasan konsep minim. Sementara itu 100% siswa kelas menyatakan membutuhkan sumber belajar dalam bentuk panduan yang menarik dan mudah dipahami. Hal ini mendapat dukungan dari guru penjasorkes yang menyatakan sangat perlu pengembangan panduan pembelajaran pencak silat, terutama teknik dasar serangan tangan pukulan dan serangan kaki tendangan untuk dipelajari siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada, yaitu dengan mengembangkan panduan teknik dasar serangan pencak silat yang menarik dan mudah dipahami untuk pembelajaran pencak silat dalam penjasorkes. Diharapkan, pengembangan ini dapat membantu guru dalam pembelajaran pencak silat dengan cara yang mudah dan menarik. Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) mengumpulkan informasi: (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (2) mendesain produk; (3) validasi desain; (4) revisi I; (5) uji coba tahap I (kelas VII siswa) ; (6) revisi II; (7) uji coba tahap II (25 siswa); (8) produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Dari hasil evaluasi ahli pencak silat diperoleh presentase 82%, ahli pendidikan jasmani 72%, ahli media 75% dan uji tahap I (7 siswa) diperoleh persentase 84% , dan pada uji tahap II (25 siswa) diperoleh persentase 88% sehingga panduan pembelajaran teknik dasar serangan pencak silat untuk siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan bagi guru untuk menggunakan dan mempraktekkan isi panduan ini dalam mengajarkan materi pencak silat kelas VII, bagi siswa digunakan sebagai pedoman belajar teknik dasar serangan, dan bagi sekolah digunakan sebagai sumber belajar pencak silat dalam penjasorkes kelas VII sehingga harus diberikan, serta bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai sumber referensi untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan materi pada skripsi ini