SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Untuk SMP Kelas VII Semester 1 Di SMP Negeri 8 Malang

wahyu aji prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetya, Wahyu Aji. 2011. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Untuk SMP  Kelas VII Semester 1 Di SMP  Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd pembimbing  (2) Drs. Agus Gatot Subijantoro, M. Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Buku ajar pendidikan jasmani merupakan salah satu bentuk sumber belajar. Pada hasil analisis kebutuhan diperoleh data. SMP Negeri 8 Malang tidak memiliki buku ajar pendidikan jasmani dalam proses belajar mengajar. Buku merupakan salah satu media yang memiliki kelebihan yaitu buku tertulis, ringan, dapat dibaca dimana saja dan kapan saja. Buku ajar dianggap penting sekali pada pembelajaran, oleh karena itu perlu dikembangkan buku ajar pendidikan jasmani pada kelas VII semester 1 di SMP Negeri 8 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar pendidikan jasmani pada kelas VII semester 1 di SMP Negeri 8 Malang. Sehingga dengan adanya produk pengembangan pembelajaran dapat membantu dan mempermudah dalam mempercepat proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti menggunakan 7 dari 10 langkah tersebut. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (kajian pustaka, pengamatan kelas, persiapan laporan tentang pokok persoalan), (2) mengembangkan bentuk produk awal (penyiapan materi pengajaran, buku petunjuk yang akan digunakan dan perlengkapan evaluasi), (3) tinjauan para ahli (dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran, 1 ahli media, 2 ahli isi buku pendidikan jasmani, uji coba kelompok kecil, menggunakan 1 sekolah dengan 10 subjek). Serta menggunakan teknik kuesioner, lalu dikumpulkan dan dianalisis), (4) revisi produk pertama (sesuai dengan saran-saran dari tinjauan para ahli dan pada uji lapangan (kelompok kecil) permulaan, (5) revisi Uji coba lapangan utama (dilakukan pada 1 sekolah, dengan 40 subjek, menggunakan teknik kuesioner lalu dianalisis hasilnya), (6) revisi produk akhir (sesuai dengan saran-saran para ahli, pembimbing, dan dari hasil uji lapangan utama), (7) hasil akhir produk pengembangan yang berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk SMP kelas VII semester 1 di SMP Negeri 8 Malang.

Berdasarkan hasil validasi desain, uji coba tahap I (kelompok kecil) uji coba tahap II (kelompok besar), produk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memiliki kelebihan ditinjau dari empat kriteria yaitu kegunaan, kemudahan, kemenarikan, dan keakuratan. Produk pengembangan berupa  buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan memiliki kelebihan, yaitu: (1) kurikulum dan standar isi yang ada dalam buku ini telah disesuaikan dengan sekolah yang bersangkutan (SMP Negeri 8 Malang), (2) produk ini telah melalui tinjauan para ahli, (3) produk ini dapat digunakan oleh siswa dan guru pendidikan jasmani sebagai sumber belajar. Selain beberapa kelebihan, produk pengembangan ini memiliki beberapa kelemahan yakni produk ini masih memerlukan evaluasi dan uji coba pada subyek yang lebih besar atau lebih luas, dan produk ini memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan produk yang dikembangkan. Produk pengembangan berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan,  diharapkan dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi guru pendidikan jasmani dan sumber belajar bagi siswa dalam proses belajar dan pembelajaran pendidikan jasmani, serta dapat dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani dan siswa di sekolah lain.