SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

“Studi Tentang Penilaian Ranah kognitif Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP kelas VII se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang”

evan oktriyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktriyono, Evan. 2011. “Studi Tentang Penilaian Ranah kognitif Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP kelas VII se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang” Skripsi, Jurusan , Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd

 

Kata kunci: penilaian, ranah kognitif

Aspek kognitif sangat penting dilakukan penilaian karena sangat berpengaruh terhadap pengetahuan siswa tentang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Aspek kognitif juga tidak kalah pentingnya dengan aspek psikomotor dan aspek Afektif. Karena aspek kognitif dapat menunjang siswa untuk mengetahui lebih jauh pengetahuan tentang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penilaian  ranah kognitif dalam mata pelajaran pendidikan jasmani sudah dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani di SMP kelas VII se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang sesuai dengan KTSP.

Penelitian ini menggunakan rancangan survey. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan diseluruh SMP se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 13 SMP. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas VII di SMP se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 13 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase.

Hasil penilaian ranah kognitif pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan  dari 13 guru yang mengajar di 13 SMP hanya 3 guru yang melakukan penilaian ranah kognitif berupa aspek permainan dan olahraga, aktivitas senam, pendidikan luar sekolah, dan kesehatan yang dinilai. Hasil analisis instrumen yang dilakukan oleh guru SMP PGRI 3 sebanyak 28,57%, guru SMP Darussalam 14,28%, dan guru SMP Muhammadiyah 3 sebanyak 57,14%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penilaian ranah kognitif pada aspek permainan dan olahraga, aktivitas pengembangan, aktivitas senam, aktivitas ritmik, aktivitas air, pendidikan luar sekolah dan kesehatan yang dilakukan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dari 13 SMP se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 13 guru, hanya 3 guru yang melakukan penilaian ranah kognitif yaitu guru dari SMP PGRI 3, guru SMP Darussalam, dan SMP Muhammadiyah 3.Saran dari penelitian ini guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dalam melakukan penilaian hendaknya lebih memperhatikan pada aspek kognitif.