SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Pengenalan Air pada Cabang Olahraga Renang Anak Usia Dini di Pos PAUD Anggrek Jl. Tombro Barat Malang

aziz maulana

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulana, Aziz. 2011. Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Pengenalan Air pada Cabang Olahraga Renang Anak Usia Dini di Pos PAUD Anggrek Jl. Tombro Barat Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd (II)  Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, buku panduan, pembelajaran, pengenalan air, olahraga renang anak usia dini, PAUD.

Menurut UU RI Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I, pasal I Butir 14 dinyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir  sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menggunakan angket berupa kuesioner dan wawancara kepada 5 guru PAUD Anggrek diperoleh keterangan bahwa guru PAUD Anggrek mengalami permasalahan proses pembelajaran yaitu terkait referensi buku panduan pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang khusus untuk anak usia dini yang selama ini belum ada dan sangat dibutuhkan sebagai panduan saat proses pembelajaran pengenalan air di kolam renang. Mencermati kondisi tersebut maka diperlukan pengembangan buku panduan pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang anak usia dini yang dapat digunakan sebagai acuan dan referensi guru PAUD Anggrek pada saat proses pembelajaran pengenalan air di kolam renang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku panduan pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang anak usia dini di pos PAUD Anggrek Jl. Tombro Barat Malang yang dapat digunakan sebagai acuan dan referensi guru PAUD Anggrek saat proses pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang anak usia dini di kolam renang saat pelajaran sentra air.

Lokasi penelitian dilakukan di Pos PAUD Anggrek Jl. Tombro Barat Rw.04 Kelurahan Tunjung Sekar Malang. Subyek uji coba terdiri dari (1) analisis kebutuhan 5 guru PAUD Anggrek, (2) tinjauan ahli, terdiri dari 3 orang ahli yaitu 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran penjas PAUD dan 1 ahli renang, (3) uji coba kelompok kecil menggunakan 3 guru dan 12 siswa PAUD yang akan lulus dari PAUD Anggrek (usia 3-4 tahun), dan (4) uji kelompok besar atau uji lapangan yang terdiri dari 5 guru dan 40 siswa PAUD Anggrek.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983:775) dan Degeng (2002:9). Adapun langkah-langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku panduan pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang anak usia dini adalah sebagai berikut: 1) Analisis kebutuhan, yaitu dengan pengumpulan informasi melalui analisis kebutuhan sebagai landasan pemikiran guna membuat konsep, 2) Pembuatan produk awal berupa draf kasar yang akan dievaluasikan ke ahli-ahli, 3) Revisi tahap I, dari hasil tinjauan ahli-ahli, 4) Uji coba kelompok kecil (uji coba produk awal), 5) Revisi tahap II yaitu dari hasil uji kelompok kecil, 6) Uji coba lapangan (uji kelompok besar), 7) Revisi produk akhir yaitu berdasarkan hasil uji lapangan, hingga diperoleh produk akhir berupa buku panduan pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang anak usia dini di pos PAUD Anggrek jl. Tombro Barat Malang. Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil buku panduan pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang anak usia dini di pos PAUD Anggrek Jl. Tombro Barat Malang dan buku panduan ini dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada guru-guru PAUD di sekolah-sekolah (di PAUD) lain sebagai tambahan pengetahuan tentang pembelajaran pengenalan air pada cabang olahraga renang anak usia dini di kolam renang pada saat pelajaran sentra air.