SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SHOOTING KE GAWANG

Mohammad Irwan Fanani

Abstrak


ABSTRAK

 

Irwan Fanani, Mohammad. Pengembangan Model Latihan Shooting ke Gawang Melalui VCD pada Peserta Futsal di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: VCD, model latihan shooting ke gawang, futsal, SMA Negeri 8 Malang

Shooting merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain utsal, teknik ini merupakan cara untuk menciptakan gol. Shooting merupakan omponen yang berperan penting dalam finishing atau penyelesaian akhir untuk mencetak gol. Maka shooting ke gawang harus diajarkan dan dilatih terus- menerus untuk mengasah naluri mencetak gol pada setiap pemain. Menurut pra urvei yang telah dilakukan peneliti melalui metode wawancara kepada pelatih utsal dan penyebaran analisis kebutuhan awal tehadap peserta yang menghendaki ariasi latihan shooting dengan hasilnya 99,33%. Model latihan yang diterapkan ntuk ektrakurikuler futsal di SMA Negeri 8 Malang belum banyak melatih pada enyelesaian akhir, bahkan dalam pertandingan mereka merasa kesulitan dalam membuat kesempatan untuk shooting ke gawang. Dari penjelasan tersebut di atas apat diketahui bahwa kurangnya shooting ke gawang mempengaruhi penurunan restasi yang diperoleh karena gol adalah tujuan akhir dalam suatu pertandingan. Dari permasalahan tersebut maka perlu dikembangkannya media latihan udiovisual untuk model latihan shooting ke gawang. Model latihan shooting ke awang melalui VCD ini dipilih sebagai media yang dikembangkan dalam enelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat penguasaan teknik asar shooting pada peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 8 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu model engembangan (research and development) dari Borg dan Gall. Dari sepuluh angkah, peneliti mengambil tujuh langkah dalam proses penelitian ini. Hal ini ilakukan kerena penelitian pengembangan yang dilakukan hanya untuk satu ekolah saja dan didasarkan pada karakteristik, keterbatasan waktu, tenaga serta iaya. Langkah-langkah yang diambil adalah 1) Analisis kebutuhan, 2) embuatan rancangan produk, 3) Evaluasi ahli, 4) Pembuatan produk awal, 5) Uji oba kelompok kecil, 6) Uji coba kelompok besar, 7) Produk pengembangan.

Berdasarkan tinjauan terhadap rancangan produk disimpukan bahwa ancangan produk telah sesuai dan dapat diproduksi menjadi VCD model latihan an layak untuk digunakan dalam uji coba kelompok kecil dan besar, selanjutnya roduk yang berupa VCD model latihan diuji coba menggunakan instrumen uji oba. Hasil dari uji coba kelompok kecil yang menggunakan 15 peserta dengan asil 93,4% dan klasifikasi persentase antara 76%-100% tergolong valid. Hasil ari uji kelompok besar terhadap 30 peserta dengan hasil 99,5% dan tergolong alid. Produk Model latihan shooting yang ada dalam VCD model latihan telah memenuhi kriteria dan semua isi dapat digunakan dalam kegiatan latihan futsal ada ekstrakurikuler di SMA Negeri 8 Malang.