SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Penerapan Manajemen UKS di SDN Palaan I Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang

viqi ismawianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Ismawianto, Viqi. 2011. Survei Penerapan Manajemen UKS di SDN Palaan I Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan , FIK, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra Sulityorini, M.Pd (II) Drs.Oni Bagus Januarto, M. Kes.

 

Kata Kunci: Penerapan, Manajemen, UKS, SD

Dalam Pembangunan Nasional, perhatian terhadap dunia anak-anak tidak dapat diabaikan. Anak-anak merupakan investasi dalam bidang tenaga kerja, sehingga pembinaan terhadap golongan ini perlu dinilai sedini mungkin. Sehubungan dengan ini, bidang pendidikan dan kesehatan mempunyai peranan besar karena secara organisasi, sekolah berada dibawah Departemen Pendidikan Nasional secara fungsional Departemen Kesehatan bertanggung jawab atas kesehatan anak didik.. Akan tetapi kenyataannya banyak sekolah-sekolah yang belum menerapkan program UKS, meskipun ada pelaksanaan programnya masih belum menyeluruh. Hal ini dikhawatirkan dapat mengganggu proses belajar mengajar sehingga anak dalam belajar tidak merasa nyaman dan menarik.

UKS mempunyai kemungkinan yang lebih  diantara usaha yang ada, untuk mencapai kebiasaan hidup sehat dari lingkungan sekolah hingga ke masyarakat. UKS juga membutuhkan manajemen untuk mengaturnya, salah satunya dalam hal pengorganisasian di tingkat pelaksana UKS di sekolah-sekolah hingga tingkat pusat (pemerintah). Proses manajemen memberikan arah dan misi serta mengusahakan pencapaian tujuan layanan khusus secara efektif dan efisien.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengamatan ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. . Insrumen ini berupa program wawancara yang terdiri dari 4 sub variabel dan dibagi menjadi 31 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen UKS di SDN Palaan I dalam segi pengorganisasian, sarana dan prasarana, dan program kerja mengenai pelayanan kesehatan yang dilakukan di UKS sudah baik sehingga proses pelayanan kesehatan baik dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat dapat berjalan sesuai program yang telah dibentuk.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan manajemen Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Palaan I sudah berjalan dengan baik. Hendaknya SDN Palaan 1 dapat memperluas jaringan kerjasama dengan rumah sakit maupun pihak-pihak yang berhubungan dengan kesehatan.