SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Menggunakan Alat Modifikasi dari Bahan Kayu Waru untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar

Putri Norma Yurissa

Abstrak


ABSTRAK

 

Yurissa, Putri Norma. 2011. Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Menggunakan Alat Modifikasi dari Bahan Kayu Waru untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Drs. Lokananta Teguh H.W, M. Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, pembelajaran, kebugaran jasmani, alat modifikasi, kayu waru

Kebugaran jasmani merupakan salah satu aspek dalam ruang lingkup aktivitas pengembangan mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan bagi siswa kelas VIII. Aktivitas kebugaran jasmani bagi siswa kelas VIII meliputi latihan kekuatan, kecepatan, kelincahan, dan daya tahan. Berdasarkan hasil penelitian awal yang dilakukan kepada 2 orang guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar diperoleh data bahwa aktivitas kebugaran jasmani yang diberikan membuat siswa kurang tertarik dan tidak serius dalam melaksanakannya, dan belum pernah ada alat modifikasi sederhana dari bahan kayu untuk pembelajaran kebugaran jasmani. Sehingga tujuan dari pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan alat modifikasi dari bahan kayu waru diharapkan dapat menarik minat siswa selama proses pembelajaran kebugaran jasmani.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket kuesioner. Angket kuesioner diberikan pada dua ahli pembelajaran dan satu ahli kebugaran jasmani, uji kelompok kecil terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar sebanyak 12 siswa dan uji kelompok besar sebanyak 40 siswa.

Produk pengembangan merupakan pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan alat modifikasi dari bahan kayu waru yang meliputi latihan kekuatan, kecepatan, latihan kelincahan, dan daya tahan. Alat modifikasi yang digunakan berupa gawang kayu, tumpuan kayu, lembaran kayu, jembatan kayu, balok kayu, dan tiang kayu yang dibuat dari bahan kayu waru. Hasil revisi produk dari tinjauan para ahli menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk uji produk. Dari hasil analisis uji kelompok kecil dan uji kelompok besar diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan alat modifikasi dari bahan kayu waru untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gandusari Kabupaten Blitar tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 76-100%. Produk pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan alat modifikasi sederhana dari bahan kayu waru diharapkan dapat dijadikan referensi guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dalam memberikan materi pembelajaran kebugaran jasmani serta memotivasi untuk lebih aktif dalam melaksanakan pembelajaran.