SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Lari Jarak Pendek Kelas X Di SMK Negeri 6 Malang.

BRIAN KRESNA ADITYAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Lari jarak pendek merupakan salah satu materi pelajaran pendidikan jasmani yang diberikan oleh guru kepada siswa. SMK Negeri 6 malang merupakan salah satu sekolah yang memberikan materi lari jarak pendek dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya di kelas X. Dalam pelaksanaan pembelajaran materi lari jarak pendek guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, tetapi pada kenyataannya tidak semua guru telah menguasai pelaksanaan pembelajaran dengan baik. Maka dari itu, perlu adanya studi tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani materi lari jarak pendek kelas X di SMK Negeri 6 Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan persentase yang bertujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani materi lari jarak pendek kelas X di SMK Negeri 6 Malang. Pendekatan persentase diharapkan dapat mempermudah dalam menyajikan data yang diperoleh dari beberapa variabel yaitu : tahap perencanaan, tahap pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup.

Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa diperoleh hasil persentase tahap perencanaan diperoleh hasil 60 % yang berarti cukup baik, tahap pendahuluan diperoleh hasil 56,25% yang berarti cukup baik, tahap inti diperoleh hasil 75% yang berarti cukup baik dan pada tahap penutup diperoleh hasil 50% yang berarti kurang baik. Dari seluruh aspek diperoleh rata-rata 60,31%, dengan demikian secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran pendidkan jasmani materi lari jarak pendek kelas X di SMK Negeri 6 Malang sudah dilaksanakan dengan cukup baik.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan adalah dalam perencanaaan/kegiatan awal hendaknyya guru menyiapkan program tahuan, program semester, rencana pekan efektif, RPP, silabus serta sarana dan prasarana, dalam tahap pendahuluan hendaknya guru memberikan pemanasan yang sesuai dengan kebutuhan lari jarak pendek, serta bisa diberikan pemanasan yang berupa permainan, Dalam tahap inti guru lebih variatif dalam memberikan dan menyampaikan materi lari jarak pendek agar siswa lebih antusias dan semangat dalam menjalankan materi lari jarak pendek, dan dalam tahap penutup guru hendaknya memberikan pendinginan agar siswa mampu memulihkan kembali otot-otot setelah beraktivitas, guru juga harus memberikan evaluasi serta penugasan kepada siswa setalah materi lari jarak pendek berakhir.