SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Gerakan Senam Tanpa Alat untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Gempol

Silvia Saptaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Saptaningtyas, Silvia. 2011. Pengembangan Model Gerakan Senam Tanpa Alat untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Gempol. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Drs. Mu’arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, pendidikan jasmani, model gerakan senam tanpa alat

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswa SMPN 1 Gempol pada tanggal 12 Pebruari 2011 jam 12.00, pembelajaran senam tanpa alat yang dilakukan belum pernah dilakukan. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) mendapatkan hasil dari 3 guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 3 di antaranya menyatakan bahwa dalam pembelajaran senam, guru-guru mengajarkan senam berupa senam aerobik. Sementara itu, 66,67% siswa menyatakan bahwa mereka tidak senang dalam pembelajaran senam yang diberikan oleh guru pendidikan jasmani dan 85,19% siswa merasa kesulitan dalam menirukan gerakan-gerakan yang diberikan oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model gerakan senam tanpa alat. Pengembangan senam tanpa alat ini disusun menjadi satu rangkaian gerakan (koreografi), yang terdiri dari (1) Pendahuluan (pemanasan dan peregangan), (2) Latihan inti (4 koreografi, tiap tahap pergerakan dan di setiap jeda gerakan ada gerakan peralihan), dan penutup (pendinginan) yang ditampilkan dalam bentuk media audio-visual yaitu VCD. Diharapkan, pengembangan ini dapat mempersiapkan siswa untuk kegiatan selanjutnya dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gempol ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 9 siswa diperoleh persentase 88,89% , dan pada uji tahap II (kelompok besar) dengan menggunakan 36 siswa diperoleh persentase 91,25% sehingga model gerakan senam tanpa alat untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Gempol dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas, peneliti memberi saran yaitu bahwa sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan kondisi sasaran yang ingin dituju baik isi maupun kemasan. Selain itu, untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya di SMP Negeri 1 Gempol, tapi juga di sekolah-sekolah yang lain. Sehingga model gerakan senam tanpa alat ini lebih menarik dan bermanfaat khususnya bagi kalangan pemangku mata pelajaran pendidikan jasmani.