SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Elektronik Book pada matakuliah Teori dan Praktik Judo untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

beni wahyu prabowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prabowo, Wahyu Beni. 2011. Pengembangan Media Elektronik Book pada matakuliah Teori dan Praktik Judo untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Elektronik Book, Teori dan Praktik Judo.

Jalur pendidikan adalah wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dan dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, pendidikan non formal, dan pendidikan  informal. Didalam pendidikan formal terdapat jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian pada tanggal  21-24 Februari 2011 terhadap analisis kebutuhan yang dilakukan melalui pengisian angket yang tersebar pada 35 mahasiswa angkatan 2007 jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan Universitas Negeri Malang yang diambil secara acak dan sudah mengikuti mata kuliah Teori dan Praktik Judo. Dari hasil pengisian angket diperoleh data 100% mahasiswa sudah mendapatkan mata kuliah Teori dan Praktik Judo. Sebanyak 100% mahasiswa belum pernah mendapatkan media interaktif dalam mata kuliah Teori dan Praktik Judo. Dan 100% setuju bila dikembangkan media interaktif pembelajaran Teori dan Praktik Judo.

Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran  Elektronik Book Teori dan Praktik Judo untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Produk yang dikembangkan berupa software yang mengoperasikan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran yang berbentuk Elektronik book. Elektronik book  yang di kembangkan sebagai media, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami konsep dan teknik gerakan judo pada perkuliahan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Teknik-teknik gambar bantingan judo pada cover diharapkan dapat memberikan daya tarik pada cabang olahraga yang di tampilkan pada elektronik book. Menu pada Elektronik book “teori dan praktik judo” meliputi sejarah judo di Dunia dan di Indonesia, sarana dan prasarana meliputi tempat latihan judo (Dojo) dan pakaian judo (Judogi), latihan meliputi senam judo, latihan jatuhan judo, cara pegangan pakaian judo, cara melangkahkan kaki dan cara menghilangkan keseimbangan. Teknik judo terdiri dari teknik bantingan, teknik kuncian, teknik cekikan, teknik patahan, peraturan meliputi peraturan pertandingan, peraturan sistem penilaian dan peraturan teknik terlarang. Diharapkan mahasiswa dengan mudah dapat memilih menu dengan cara klik salah satu pilihan menu yang di inginkan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan (research and development) Borg dan Gall  yang terdiri dari sepuluh langkah yang di modifikasi menjadi 7 langkah, Oleh karena penelitian ini dilakukan pada satu Fakultas dengan melibatkan jumlah subyek tiga puluh lima mahasiswa,  Maka penelitian ini mengambil tujuh langkah, dari langkah pertama sampai dengan langkah ketujuh.  (1) Analisis kebutuhan, (2) Pembuatan rancangan bentuk produk awal dan dievaluasi ahli media, (3) Produk awal dan dievaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan 1 ahli Judo, (4) Uji coba kelompok kecil, (5) Revisi produk, (6) Uji coba kelompok besar, (7) Produk akhir.

Berdasarkan evaluasi ahli terhadap rancangan produk Elektronik Book Teori dan Praktik Judo sebagai media sudah lengkap dan layak untuk diproduksi, selanjutnya dibuat produk awal dan dievaluasi ahli media, ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli Judo selanjutnya diuji coba dengan menggunakan instrumen uji coba  kelompok kecil pada 10 orang mahasiswa setelah itu direvisi dan diuji coba kelompok besar sebanyak 35 orang mahasiswa.  Berdasarkan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar isi dari Elektronik Book Teori dan Praktik Judo ini telah memenuhi kriteria dan sudah lengkap serta Elektronik Book Teori dan Praktik Judo yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.