SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Standar Kompetensi Menerapkan Budaya Hidup Sehat Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar

effi two sugirin

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif berbasis komputer merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan siswa maupun guru yang mengajar kesehatan di sekolah dasar untuk membantu proses pembelajaran kesehatan. Berdasarkan analisis kebutuhan awal dari tiga sekolah dasar yaitu SDN Percobaan I Malang, SDN Klojen Malang, dan SDN Madyopuro 5 belum pernah menggunakan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif. Diharapkan dengan adanya multimedia interaktif tersebut siswa dapat aktif mengikuti proses belajar mengajar dan memperoleh pengetahuan dari isi multimedia interaktif.

Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dalam bentuk multimedia interaktif berbasis komputer yang berisi bahan ajar menerapkan budaya hidup sehat untuk siswa kelas I sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif berbasis komputer untuk siswa kelas I sekolah dasar adalah sebagai berikut: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi dalam melakukan analisis kebutuhan melalui pengisian angket. 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa pengembangan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif berbasis komputer untuk siswa kelas I sekolah dasar. Hasil pengembangan berupa produk multimedia interaktif berbasis komputer dengan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat untuk siswa kelas I sekolah dasar.

Pengembangan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif berbasis komputer untuk siswa kelas I sekolah dasar menggunakan aplikasi Microsoft Office Powerpoint dengan jumlah slide 43 untuk kompetensi dasar kebersihan gigi dan mulut serta 37 slide untuk kompetensi dasar mengenal makanan sehat. ii Dari hasil pengembangan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif berbasis komputer untuk siswa kelas I sekolah dasar ini diperoleh data dari uji coba kelompok kecil terhadap 6 siswa dengan hasil keefektifan 95%, efisiensi mencapai waktu 14 menit 46 detik dan 9 menit 28 detik, dan daya tarik 100%. Data uji coba lapangan (kelompok besar) terhadap 45 siswa dengan hasil keefektifan 98,2%, efisiensi mencapai waktu 14 menit 38 detik dan 10 menit 05 detik, dan daya tarik 100%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif berbasis komputer untuk siswa kelas I sekolah dasar dinyatakan baik dan dapat digunakan. Adapun saran dalam produk pengembangan standar kompetensi menerapkan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif berbasis komputer untuk siswa kelas I sekolah dasar yaitu dapat dijadikan referensi siswa dan guru yang mengajar kesehatan pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan