SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan buku panduan lari sprint untuk siswa kelas VII smpn 2 nglegok kabupaten blitar

mukti mahayana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahayana, Mukti. 2011. Pengembangan Buku Panduan Lari Sprint untuk Siswa Kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : buku panduan, lari sprint Penelitian awal dilakukan pada 3 guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dan 35 siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar.

Pada penelitian awal melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan ( need assessment ) dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru dan siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok tentang lari sprint kurang, sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan buku panduan lari sprint. Diharapkan, hasil pengembangan ini dapat membantu guru maupun siswa untuk lebih mengetahui tentang materi lari sprint, sehingga pembelajaran lari sprint menjadi optimal. Penelitian ini mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Selanjutnya model pengembangan Borg dan Gall tersebut dimodifikasi menjadi tujuh langkah, yaitu: (1) riset dan pengumpulan data informasi, yakni: observasi lapangan, wawancara, penyebaran kuisioner, sampai kajian teoritik, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu: satu ahli media, satu ahli pembelajaran pendidikan jasmani, dan satu ahli pembelajaran atletik, (4) uji coba kelompok kecil yang melibatkan 15 subjek, (5) revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) kegiatan kelompok besar dengan melibatkan 38 subjek, (7) revisi produk akhir berdasarkan hasil uji lapangan (kelompok besar). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase.

Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara. Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli pembelajaran atletik, dan ahli media yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa “Buku Panduan Lari Sprint untuk Siswa Kelas VII SMPN 2 Nglegok” layak digunakan untuk uji coba kelompok. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 14 siswa diperoleh persentase 85,39% sedangkan untuk 1 guru diperoleh persentase 90,62%, dan pada uji kelompok besar dengan menggunakan 35 siswa diperoleh persentase 87,56% sedangkan untuk 3 guru 91,66%. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa buku panduan lari sprint ini dapat digunakan dalam pembelajaran lari sprint untuk siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar.