SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kompetensi dasar kebersihan gigi dan mulut pada siswa kelas 1 semester 2 SDN Percobaan 1 Malang

indah nia afit yulia

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulia, Indah Nia Afit. 2011. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kompetensi Dasar Kebersihan Gigi dan Mulut pada Siswa Kelas 1 Semester 2 SDN Percobaan 1 Malang . Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto, M.S. (2) Drs.Lokananta Teguh H, M.Kes

 

Kata kunci: Pengembangan Komik, Media Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Kebersihan Gigi dan Mulut.

Pengembangan komik sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kompetensi dasar kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan baik anak maupun guru yang mengajar kesehatan di SDN Percobaan 1 Malang untuk membantu proses pembelajaran kesehatan “kebersihan gigi dan mulut”. Komik “kebrsihan gigi dan mulut” dikembangkan sesuai dengan KTSP SDN Percobaan 1 Malang. Sebelumnya SDN Percobaan 1 Malang hanya menggunakan buku paket 1996, alat kebersihan diri, gambar dan LCD sebagai media pembelajaran kesehatan. SDN Percobaan 1 Malang belum pernah menggunakan komik sebagai media pembelajaran yang perlu dimiliki dan mengganggap perlu dikembangkan komik sebagai media pembelajaran kompetensi dasar kebersihan gigi dan mulut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan komik sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kompetensi dasar kebersihan gigi dan mulut untuk siswa kelas 1 semester 2 SDN Percobaan I Malang yang diharapkan dapat membantu proses pembelajaran

Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), yang dimodifikasi menjadi 7 langkah. Prosedur penelitian dan pengembangan komik “kebersihan gigi dan mulut”, sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi dalam melakukan analisis kebutuhan melalui pengisian angket (2) pengembangan rancangan produk (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan ahli media, ahli pembelajaran dan ahli kesehatan, yang menghasilkan bentuk produk awal (4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji cobva lapangan pada kelompok kecil menggunakan subjek 6 siswa (5) revisi produk pertama berdasarkan uji coba (sesuai hasil uji coba kelompok kecil) (6) uji coba lapangan pada kelompok besar menggunakan subjek 36 siswa) (7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar dan saran-saran para ahli, sehingga diperoleh produk akhir.

Hasil penelitian dan pengembangan berupa komik sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kompetensi dasar kebersihan gigi dan mulut pada siswa kelas 1 semester 2 SDN Percobaan 1 Malang yang dikemas dalam bentuk buku cetak. Dari hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 6 siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 36 siswa di SDN Percobaan 1 Malang komik “kebersihan gigi dan mulut” dinyatakan dapat digunakan. ii Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan komik digunakan sebagai media pembelajaran yang dimilki sekolah. Dapat diuji cobakan pada sekolah yang lebih banyak pada kelas tertentu yaitu menggunakan model penelitian dan pengembangan yang ke 8, 9 dan 10. Dapat diuji keefektivitasan produk, serta akan lebih baik apabila ada suatu pengembangan yang mengkemas produk komik pada media yang berbeda.