SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) pada Teknik Dasar Lompat Jauh dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar

Dian Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Dian. 2011. Pengembangan Model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada Teknik Dasar Lompat Jauh dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, two stay two stray, teknik dasar lompat jauh

Berdasarkan penelitian melalui wawancara pada tanggal 21 Januari 2011 terhadap dua guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri 1 Garum yaitu guru menjelaskan pembelajaran atletik lompat jauh kurang mendapat respons positif dari siswa dibandingkan dengan meteri permainan bola besar. Pada penelitian awal melalui penyebaran kuesioner analisis kebutuhan (need assessment) kepada siswa menunjukkan bahwa 68,97% siswa kurang menyukai materi pelajaran atletik khususnya lompat jauh, 20,68% siswa menyatakan tidak menyukai lompat jauh dan 10,35% menyukai lompat jauh. Data mengenai suasana kelas dalam pembelajaran teknik dasar lompat jauh 10,35% siswa mengatakan menyenangkan, 75,86% siswa menyatakan kurang menyenangkan, dan 13,78% menyatakan tidak menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik dasar lompat jauh dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif two stay two stray yang sesuai bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Garum, sehingga model pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk alternatif pelaksanaan proses pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Garum ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Hasil penelitian ini berupa produk yang dikemas dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teknik dasar lompat dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS), dengan spesifikasi sebagai berikut : persentase tentang kemudahan pembelajaran pada model I, II, III dan IV, sebanyak 90,52% siswa menyatakan mudah, persentase untuk tingkat menyenangkan, sebanyak 92,36% siswa menyatakan menyenangkan. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan RPP teknik dasar lompat jauh dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat digunakan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: sebelum disebarluaskan sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Selain itu subjek penelitian sebaiknya dilakukan pada subjek yang lebih luas, baik siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba.