SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bambu Keseimbangan Sederhana untuk Pembelajaran Keseimbangan Dinamis pada Siswa Kelas II di SDN Sukomulyo 3 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

Tedy Yudho Prianggono

Abstrak


ABSTRAK

 

Prianggono, Yudho, Tedy. 2011. Pengembangan Bambu Keseimbangan Sederhana untuk Pembelajaran Keseimbangan Dinamis pada Siswa Kelas II di SDN Sukomulyo 3 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M. Kes., (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes.

Kata Kunci: bambu keseimbangan sederhana, keseimbangan dinamis.

SDN Sukomulyo 3 terletak di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang terletak di daerah pegunungan.. Dengan keadaan geofrafis seperti itu, tentunya siswa di SDN Sukomulyo 3  akan sering melewati pematang sawah maupun jembatan tradisional yang terbuat dari bambu dalam kehidupan sehari-hari, yang membutuhkan  keseimbangan. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan awal terhadap guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SDN Sukomulyo 3 pada tanggal 24 Maret 2011, di SDN Sukomulyo 3, guru belum pernah melakukan pembelajaran keseimbangan dinamis karena tidak ada alat/media untuk pembelajaran keseimbangan dinamis di SDN Sukomulyo 3 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan bambu keseimbangan sederhana untuk pembelajaran keseimbangan dinamis..

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan modifikasi dari Borg dan Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan  bambu keseimbangan sederhana adalah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar , dan (7) revisi produk akhir.

Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoeh rata-rata persentase 100% dan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase 96,77%, dapat dimaknai bahwa hasil pengembangan bambu keseimbangan sederhana untuk pembelajaran keseimbangan dinamis dinyatakan dapat digunakan. Kesimpulan pada penelitian ini produk akhir berupa bambu keseimbangan sederhana model B dengan panjang 5 meter dan tinggi 11,5 cm dengan dicat warna merah, dan Model C dengan panjang 3,75 meter dan tinggi 11,5 cm dengan dicat warna merah dapat digunakan untuk pembelajaran keseimbangan dinamis pada kelas II di SDN Sukomulyo 3 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.