SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pendidikan Jasmani,

Ichwan Dwitya Rossandy

Abstrak


ABSTRAK

 

Rossandy, Ichwan Dwitya. 2011. Pengembangan Modul Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto, M. S. (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata kunci: Pengembangan, Modul, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang tercantum dalam isi kurikulum pendidikan. Seperti mata pelajaran yang lain, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan juga memerlukan buku ajar. Modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu buku ajar yang dapat digunakan baik siswa maupun guru kelas VIII di SMP Negeri 18 Malang untuk membantu proses pembelajaran. Modul ini dikembangkan sesuai dengan karakteristik pada SMP Negeri 18 Malang. Dengan adanya modul tersebut siswa dapat aktif mengikuti proses belajar mengajar dan memperoleh pengetahuan dari isi modul.

Penelitian ini mengacu metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775). Dari sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall, penelitian dan pengembangan ini hanya menggunakan 7 langkah saja dimana disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan. Adapun 7 langkah adalah sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada 2 orang guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli modul dan 2 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang menghasilkan berupa produk awal, 4) Mengujicobakan pada kelompok kecil dengan menggunakan 8 orang siswa, 5) revisi hasil uji coba lapangan kelompok kecil, 6) Mengujicobakan hasil revisi pada kelompok besar dengan menggunakan 40 orang siswa, 7) revisi hasil uji coba lapangan kelompok besar.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 8 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 40 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang, dapat disimpulkan bahwa 94,3% siswa menyatakan bahwa modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk VIII semester genap SMP Negeri 18 Malang sangat jelas dan sangat membantu dalam belajar. Sehingga, tidak diperlukan revisi dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Peneliti berharap dapat membantu meningkatkan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada semester genap kelas VIII SMP Negeri 18 Malang Selain itu, peneliti juga berharap modul ini dapat disebarluaskan pada sekolah lain yang memiliki KTSP yang sama.

 

ABSTRACT

 

Rossandy, Ichwan Dwitya. 2011. Development of Physical Sport and Health Education Module for 2 nd semester of Grade VIII At State Junior High School 18 of Malang. Minor Thesis, Sport and Health Education Major Sport Science Faculty State University of Malang. Advisor (1) Drs. Heru Widijoto, M. S. (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Keywords: Development, Module, Physical, Sport, and Health Education.

Physical, Sport and Health Education is one of lesson which contained in education curriculum. Like another lesson, Physical, Sport and Health Education need a text book. Text book of Physical, Sport and Health Education needed by students which proper with facility and infrastructure of school and executed by school based on KTSP. Physical Sport and Health Education Module is one kind of text book which can be used by not only students but also teachers of Grade VIII at State Junior High School 18 of Malang helping the learning process. This Module have been developed based on State Junior High School 18 of Malang characteristic. With that module, Student can take a part in learning process actively and get a knowledge from module content.

This research refer to Borg and Gall’s research and development method (1983:775). From ten steps proposed by Borg & Gall, This research and development only use seven steps depend on research and development requirement. Those seven steps are 1) Researching and collecting the information as initial research and requirement analysis by giving a questioner to two physical, sport, and health education teachers and 1 vice of headmaster in curiculum sector 2) Developing preliminary form of product, 3) Expert evaluation by one module expert and two physical, sport and health education learning expert produce an initial product 4) Test initial product to preliminary field using 8 students , 5) Product revision based on preliminary field test results, 6) Test revision product to main field using 40 students, 7) revision of product based on main field test results.

Based on analysis result of preliminary field testing to 8 students and main field testing to 40 students data of Grade VIII at State Junior High School 18 of Malang, has been concluded that 94,3% students assert physical, sport, and health education module clearly and really helpful on learning process. So, There is no revision from preliminary field test to main field test. The product is development is a Physical, Sport and Health education module. Researcher hope with this module can help increasing interaction between teachers and students in learning process of Physical Sport and Health Education for 2 nd semester of Grade VIII At State Junior High School 18 of Malang. Besides that, Researcher hopes to spread module widely to other school with the same KTSP.