SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LATIHAN BOLABASKET: BALL HANDLING, DRIBBLING, SHOOTING, PASSING, DAN SCREENING UNTUK TIM BOLABASKET PUTRI SMA NEGERI 4 MALANG

Try Hady Mardyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardyanto, Try Hady. 2011. Pengembangan Buku Panduan Latihan Bolabasket: Ball Handling, Dribbling, Shooting, Passing dan Screening untuk Tim Bolabasket Putri SMA Negeri 4 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci:, penelitian pengembangan, buku panduan latihan, bolabasket.

Tujuan pengembangan buku panduan latihan bolabasket ini adalah mengembangkan buku panduan latihan bolabasket yang nantinya dapat membantu peserta ekstrakurikuler untuk mempercepat proses pemahaman tentang latihan bolabasket. 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan materi buku panduan latihan bolabasket ini adalah: 1) Riset dan pengumpulan informasi dengan melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan, 2) Pembuatan rancangan produk, 3) Evaluasi para ahli, 4) Pembuatan produk awal, 5) Uji coba kelompok kecil dan melakukan revisi produk pertama., 6) Uji coba kelompok besar dan melakukan revisi produk yang kedua, 7) Produk hasil akhir pengembangan. 7 langkah ini diambil dari Borg dan Gall (1983:77) yang telah dimodifikasi. Data yang didapat dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan angket pada penelitian awal, uji ahli yang terdiri dari 2 ahli bolabasket dan 1 ahli media untuk evaluasi terhadap rancangan produk yang akan dibuat, serta uji kelompok kecil dan besar untuk mengetahui apakah produk yang dipakai sudah valid atau belum..

Dari penelitian awal melalui pengisian angket yang disebar pada 14 orang anggota tim bolabasket putri SMA Negeri 4 Malang, diketahui anggota tim yang mengerti dengan instruksi yang diberikan pelatih sebanyak 5 orang (35,7%) dan 9 (64,3%) orang merasa kadang mengerti kadang tidak. Sebanyak 11 orang (78,6%) menerima latihan yang bervariasi dari pelatih dan 3 orang yang merasakan pelatih kadang-kadang memberikan latihan yang bervariasi. Sebanyak 14 orang (100%) manyatakan bahwa di ekstrakurikuler bolabasket belum memiliki buku panduan latihan bolabasket untuk menunjang kegiatan tersebut. Selain itu sebanyak 14 orang (100%) menyatakan setuju jika di ekstrakurikuler bolabasket memiliki buku panduan latihan untuk latihan bolabasket.

Hasil yang didapat dari uji ahli bolabasket I adalah gambar lapangan yang dibuat menggunakan gambar lapangan bolabasket yang terbaru (peraturan FIBA 2010). Hasil evaluasi dari ahli bolabasket II adalah materi yang diberikan dari yang mudah ke yang rumit/variasi. Ahli bolabasket II juga menyarankan agar setiap materi yang diberikan hendaknya diperhatikan keefektifannya dengan memperhatikan kualitas gerakan dan durasi waktu materi yang diberikan. Dari hasil uji ahli media adalah tulisan dan gambar judul serta logo Universitas Malang diperjelas. Dari hasil uji coba kelompok kecil didapat rata-rata persentase 94%, yang berarti produk dapat digunakan. Selanjutnya dari hasil uji coba kelompok besar didapat rata-rata persentase 95%, yang berarti produk dapat digunakan.