SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi tentang Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP se-Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

hikmah nur rahmad saleh

Abstrak


Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan keseluruhan yang penting untuk dilaksanakan di sekolah karena pendidikan jasmani tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa, akan tetapi juga meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik secara seimbang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP se-Kecamatan Muncar diperoleh hasil bahwa guru tidak melaksanakan manajemen pembelajaran pendidikan jasmani dengan baik yaitu meliputi tidak selalu guru memperbarui perangkat pembelajaran, tidak datang di lapangan tepat waktu, guru tidak melaksanakan kegiatan pendinginan, dan guru kurang melibatkan siswa secara aktif. Beberapa hal tersebut merupakan bagian penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan pembelajaran dan juga untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji perencanaan pembelajaran, pengorganisasian atau pengelolaan kelas, pelaksanaan pembelajaran dan pengawasan pembelajaran  atau penilaian pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase kualitas Manajemen pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan persentase. Penelitian ini dilaksanakan di SMP se-Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi yaitu SMPN 1 Muncar, SMPN 2 Muncar, SMPN 3 Muncar dan SMPN 4 Muncar. Jumlah subyek penelitian yaitu 4 guru pendidikan jasmani dan melibatkan responden 156 siswa SMP se-Kecamatan Muncar.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui kegiatan perencanaan termasuk dalam cukup baik (75%), dalam pengorganisasian guru merasa telah melakukan pengorganisasian dengan baik (94%), namun dalam penilaian siswa menganggap kurang baik (54,03%), pada tahap pelaksanaan guru menganggap dirinya termasuk dalam kategori baik yaitu dengan persentase (95%) sedangkan menurut penilaian siswa kurang baik dengan prosentasenya yaitu (57,7%), dan pada tahap pengawasan guru menilai dirinya sendiri termasuk dalam kategori sangat baik (96%) dan menurut penilaian siswa cukup baik yaitu (64,1%). Manajemen pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi secara keseluruhan guru menganggap manajemen yang dilakukannya telah baik namun guru tidak pernah tahu bagaimana penilaian siswa tentang manajemen yang dilakukan oleh guru hingga siswa menilai guru kurang baik dalam memanajemen pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan   

Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Muncar hendaknya membuat perencanaan, mempersiapkan sarana dan prasarana pembelajaran, meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran, melakukan evaluasi terhadap kemampuan siswa dan melakukan kegiatan penenangan pada kegiatan penutup. Hal ini untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani dan pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan jasmani.